Beberapa Alasan Mengapa Kita Susah Tidur di Malam Hari
Sumber gambar: www.osteopathyrmtrelief.com
in

Beberapa Alasan Mengapa Kita Susah Tidur di Malam Hari

UGET UGET – Sering susah tidur? Atau mungkin paling tidak pernah merasakannya? Terkadang hal itu terjadi pada kita. Meskipun juga ada yang sampai sudah menjadi kebiasaannya tidak bisa tidur di malam hari.

Dilangsir dari Ideapod, ada beberapa faktor yang membuat kita susah tidur. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, kegerahan.

Simpel tapi memang ngeselin. Rasa gerah yang sebenarnya mudah diatasi itu bisa jadi salah satu alasan mengapa kita susah tidur dan mengapa kita tidak bisa tidur lama. Kita mungkin saja bisa terbangun saat kegerahan.

Jika sudah begini, ada baiknya untuk tetap menjaga temperatur ruangan atau kamar tidur kita. Bahkan mungkin suhu yang sedikit dingin lebih baik untuk membuat kita tidur. Buktinya saat hujan, dingin-dingin empuk itu, kita sering merasa ngantuk dan ingin tidur, kan?

Kedua, mainan HP sebelum tidur.

Pasti banyak yang melakukannya. Ternyata kebiasaan ini bisa membuat kita susah tidur. Menurut Dr. Richard L. Hansler dari John Caroll University, membiarkan mata kita terus-terusan menatap cahaya di malam hari (termasuk cahaya handphone) akan menghentikan tubuh kita dalam memproduksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang berkaitan dengan aktivitas tidur kita.

So, ada baiknya kita meninggalkan HP kita sejenak sebelum tidur, agar tidak sulit tidur nantinya. Apalagi kalau sebelum tidur yang dilakukan adalah stalking mantan. Bisa juga nggak bisa tidur karena kepikiran masalah kenangan dan masa lalu, ‘kan?

Ketiga, kurang olahraga.

Ternyata kurang olah raga juga bisa membuat kita susah tidur. Mungkin bisa dicoba bagi yang sering terbangun tengah malam atau yang merasa sulit tidur untuk nge-gym. Atau bisa dengan melakukan latihan-latihan ringan. Siapa tahu itu akan membantu kita mengatasi masalah susah tidur. Lagi pula, olahraga kan memang baik untuk kita.

Keempat, gelisah dan depresi.

Ini faktor yang kuat sehingga menyebabkan seseorang susah tidur. Biasanya orang yang gelisah dan depresi itu banyak pikiran sehingga semalam suntuk manjadi tidak tenang. Itulah yang pada akhirnya membuat kita susah tidur.

Cara mengatasi semua itu adalah tergatung diri kita sendiri. Dari usaha kita untuk tetap tenang dan berhenti menyiksa diri dengan berpikir terlalu berat. Hal ini tidak akan baik untuk kesehatan. Bukan hanya psikis, tapi juga dapat berdampak pada fisik kita.

Sumber gambar: www.osteopathyrmtrelief.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Hati Pacarmu Berbunga-Bunga

Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Hati Pacarmu Berbunga-Bunga

Beberapa Cara Agar Kita Bisa Memperbaiki Hubungan

Beberapa Cara Agar Kita Bisa Memperbaiki Hubungan