Update

Alasan Sederhana Mengapa Kita Harus Gemar Membaca

UGET UGET – Ini bukanlah kata-kata yang hanya tertuju bagi anak-anak kecil yang sedang dilatih belajar saja. Gemar membaca menjadi hal wajib yang sudah sepatutnya dimiliki setiap insan yang hidup di dunia ini. Banyak dari teman-teman kita yang kurang beruntung dan mengalami keterbatasan, namun tetap memiliki semangat yang tinggi untuk melakukan hal tersebut. Bahkan mungkin mereka lebih memiliki niat dan semangat yang tinggi untuk membaca dibandingkan kita yang diberi nikmat lebih.

Kita sering mendengar bahwa dengan gemar membaca kita akan mampu membuka jendela dunia. Saya yakin hal itu benar, karena dengan membaca, kita dapat tahu banyak hal. Sayangnya terkadang rasa malas mengalahkan kesadaran itu. Dan hebatnya, malas itulah yang pada akhirnya membuat kita kehilangan kesempatan untuk tahu banyak hal.

Dari sekian banyak orang yang saya tahu, kebanyakan orang-orang pintar adalah mereka yang gemar membaca. Mereka jelas lebih bisa memandang dunia. Tentu mereka tidak akan sembarangan dalam menilai sesuatu jika mereka memiliki pengetahuan yang lebih tentang hal itu. Itulah mengapa mereka terlihat cerdas dalam menanggapi sesuatu. Kita ingat, yang membedakan orang pandai dan tidak adalah pengetahuannya. Siapa yang lebih banyak tahu, dan siapa yang lebih dulu tahu ilmunya.

Hal ini bukan perkara tataran pendidikan, bukan pula karena memiliki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tapi karena mereka lebih mau tahu dan mau mencari ilmu lewat jalan apapun itu. Semua yang dilakukan dengan ilmunya akan lebih baik pula hasilnya. Itulah mengapa membaca itu perlu, karena dari sana kita bisa memperoleh ilmunya.

Gemar membaca bukan hanya dilakukan semasa kita menempuh pendidikan di bangku sekolah saja. Lebih penting dari itu, gemar membaca bisa kita terapkan kapan saja hingga usia berapa saja. Bagaimanapun, kita membutuhkan itu di dalam hidup ini. Bahkan Tuhan memberikan pesan melalui kitab agung yang untuk memahaminya juga harus kita baca terlebih dahulu.

Selain itu, sudah banyak sekali penulis saat ini yang menghadirkan karya berupa buku-buku untuk menambah pengetahuan. Ada pula banyak perpustakaan di dunia yang dengan baik hati sudah memfasilitasi kita untuk lebih gemar membaca. Terlebih ada pula internet yang saat ini semakin memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai informasi di dalamnya. Jadi, tunggu apa lagi? Dunia memang sudah mendukung kita untuk lebih gemar membaca.

Sumber gambar: pixabay.com

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi