Khawatir Si Kecil Sering Hisap Jari? Berikut Penjelasannya!
Sumber gambar: paduanbayi.com
in

Khawatir Si Kecil Sering Hisap Jari? Berikut Penjelasannya!

UGETUGET | Moms, pasti kalian pernah khawatir saat melihat Si Kecil sering hisap jari. Apalagi saat ia sedang asyik menghisap jempolnya. Mulai dari ketakutan jempol yang masih kotor, hingga imbasnya pada bentuk rahang.

Bahkan ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of British Colombia, Kanada, bahwa kegiatan ini bisa memperlambat kemampuan bicara. Hal ini dikarenakan bayi butuh lidah yang bebas untuk belajar bicara.

Dilansir dari health.detik.com, menurut Janet ada kaitan antara kemampuan motorik mulut bayi dengan persepsi ucapan serta pendengaran. Kebiasaan menghisap jempol menghambat motorik mulut karena gerakan lidah jadi hanya menghisap saja sehingga dampaknya bisa ke kemampuan bicara.

Namun Moms, bukan berarti hal ini menjadi dasar untuk melarang Si Kecil untuk melakukan aktivitas tersebut. Sebab, melarang aktivitas hisap jari pada Si Kecil (terutama usia 0 sampai 18 bulan) berdampak pada kematangan kepribadian ketika kelak dewasa.

Hal ini dikarenakan aktivitas ini merupakan salah satu tahapan pemenuhan perkembangan psikologis terhadap manusia, yakni pemuasan pada fase oral.

hisap jempol untuk ketenangan
Sumber gambar: bengkungmoden.com (hisap jempol untuk ketenangan)

Kegiatan hisap jari bisa bermanfaat jika stimulasi dari aktivitas ini dilakukan secara tepat. Berikut ini beberapa manfaat aktivitas hisap jari pada Si Kecil.

Belajar Mengenali Dunia

Di dalam rongga mulut terdapat banyak reseptor yang membantu anak belajar mengenali dunia. Si Kecil belajar mengintegrasikan mata ke tangan, belajar mengenal tubuhnya, jari-jarinya ada lima dan bentuknya seperti ini. Si Kecil juga mengenali bahwa dia punya ujung mulut dan ujung kaki.

Meningkatkan Berat Badan

Terutama bagi bayi yang lahir prematur, aktivitas ini bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan berat badan.

Membentuk kepribadian

Nah ini penting, Moms. Apabila bayi gagal dalam menjalani fase oral, maka ketika dewasa dia akan menjadi kepribadian yang temperamental.

Menurut penilitian, bayi yang suka menghisap jarinya cenderung memiliki sikap yang baik dan ramah dibandingkan dengan bayi yang anda larang untuk tidak menghisap jarinya.

Mendapatkan Rasa Aman

Salah satu efek yang akan didapatkan dari aktivitas ini yakni rasa aman, nyaman dan ketenangan. Oleh karena itu aktivitas ini bisa menurunkan frekuensi menangis bayi, sebab merasakan ketenangan tersebut.

Aktivitas ini menjadi cara anak memperoleh ketenangan meski tidak lagi dalam tahap oral.

Jadi Moms, jangan sering melarang anak menghisap jempolnya. Meskipun demikian, aktivitas ini perlu mendapatkan perhatian lebih.

fase oral Si Kecil
Sumber gambar: paduanbayi.com (fase oral Si Kecil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengapa Kita Sulit Menemukan Kekurangan Diri Sendiri

Mengapa Kita Sulit Menemukan Kekurangan Diri Sendiri?

Musim Depan Tiga Pemain Hebat Ini Akan Pensiun

Musim Depan Tiga Pemain Hebat Ini Akan Pensiun