Cara yang bisa kalian lakukan ketika terjadi hujan lebat dan angin kencang
Sumber gambar: naqiyaaiko.blogspot.com
in

Cara yang bisa kalian lakukan ketika terjadi hujan lebat dan angin kencang

UGET UGET – Apa yang bisa kalian lakukan ketika terjadi hujan lebat dan angin kencang? Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan ketika terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Ya, tapi sebelumya kita perlu mengetahui terlebih dahulu dampak yang akan terjadi ketika hujan lebat dan angin kencang. Dengan begitu, kita akan tahu cara menanganinya.

Dampak yang pertama adalah banjir yang mungkin akan melanda rumah-rumah warga dan tempat-tempat lain. Kedua, mengakibatkan tanah longsor karena aliran arus terlalu deras.

Ketiga, bisa mengakibatkan pohon-pohon tumbang. Papan reklame, baliho, dan tiang-tiang listrik juga bisa ambruk. Keempat, aliran listrik mati.

Setelah kita ketahui dampak tersebut, baru kita ketahui cara yang bisa kalian lakukan ketika terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Cara yang pertama adalah berdoalah kepada Tuhan supaya badai tersebut tidak berdampak buruk, baik dari segi keselamatan keluarga dan materi.

Kedua, jika air terlihat semakin tinggi, persiapkan barang-barang yang bisa kalian selamatkan dan menurut kalian penting. Jika sewaktu-wakttu banjir, kalian bisa langsung mengungsi tanpa merasa bingung mempersiapkan lagi peralatan yang bisa dibawa.

Misalnya, kalian membawa barang-barang berharga seperti uang, dokumen penting, laptop, baju, peralatan mandi, beberapa makanan.

Kemudian, peralatan elektronik yang sekiranya besar dan berat dibawa seperti TV jangan dibawa. Selain berat dibawa, barang-barang terebut tidak terlalu penting dibandingkan dengan barang-barang berharga yang kebutuhannya lebih utama.

Ketiga, siapkan peralatan penerang seperti lilin, senter, emergency, dan teplok jika sewaktu-waktu mati listrik. Jangan lupa korek api jika kalian memakai lilin sebagai penerang.

Keempat, taruhlah barang-barang yang rawan rusak terkena air seperti kasur, printer, peralatan elektronik seperti TV, dan sebagainya di tempat yang jauh dari air dan tinggi. Jadi, simpanlah barang-barangmu di tempat yang aman.

Kelima, siapkan ember atau wadah apapun yang bisa menampung air ketika genting bocor karena tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi. Selain itu, siapkan keset atau lap untuk mengelap.

Keenam, selalu lihat kondisi yang terjadi dan waspada. Apabila bahaya sudah mengancam segeralah berlari ke tempat yang lebih aman. Kemudian, mintalah pertolongan jika kalian terancam bahaya.

Nah, itulah cara yang bisa kita lakukan ketika terjadi hujan lebat dan angin kencang. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Apalagi sekarang ini musimnya tidak tentu dan cenderung ekstrem.

Sumber gambar: naqiyaaiko.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Cuaca Ekstrim di DIY Akibat Badai Cempaka, Kali Pertama Rendam Kawasan Anti Banjir

Cuaca Ekstrim di DIY Akibat Badai Cempaka, Kali Pertama Rendam Kawasan Anti Banjir

Mohamed Salah yang Selalu Benar dalam Urusan Sepak Bola

Mohamed Salah Yang Selalu Benar Dalam Urusan Sepak Bola