Kesempatan Kedua Apakah Memang Sepantasnya Ada
Sumber gambar: szafirm.com
in

Kesempatan Kedua: Apakah Memang Sepantasnya Ada?

UGET UGET – Kesempatan kedua memang banyak didambakan bagi siapa saja yang pernah mengalami kegagalan di percobaan pertama. Kesempatan kedua itu juga yang pada akhirnya menjadi semangat baru untuk memperbaiki diri. Tapi apakah kesempatan yang datang kedua kalinya itu memang sepantasnya ada?

Setiap manusia memang butuh diberikan kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Kita tentu juga ingin diberi jalan untuk memperbaiki kesalahan. Hal yang wajar dan pantas untuk diharapkan. Meski begitu, jangan sampai kita menjadi ketergantungan dengan adanya kesempatan kedua.

Mungkin benar memang kesempatan yang kedua itu ada, tapi jangan pernah sekali-kali kita berharap akan adanya kesempatan itu saat kita sedang berjuang pada kesempatan pertama. Intinya, kesempatan kedua itu hanya boleh dipikirkan kalau sudah kepepet atau terpojok saja.

Mengapa? Karena bisa bahaya jika kita selalu menganggap kesempatan selalu ada untuk kedua kalinya. Kita tidak akan mampu berbuat maksimal dan memberikan yang terbaik pada apa pun yang kita lakukan saat ini. Terkadang kalau kita tahu kita punya dua kesempatan, maka kesempatan yang pertama tidak akan kita akhiri secara maksimal. Maka mungkin akan lebih baik jika kita berpikir tidak pernah ada kesempatan kedua.

Sebuah gambaran sederhana saja, jika kita memiliki tugas atau suatu pekerjaan, dan nantinya kita tahu masih ada kesempatan untuk merevisi tugas atau memperbaiki lagi pekerjan itu di kemudian hari, biasanya kita akan berpikir nanti juga bisa diperbaiki. Akibatnya kita tidak akan mengerjakan perkara itu pada kesempatan pertama dengan maksimal.

Alasan lain mengapa sebaiknya kita tidak memikirkan adanya kesempatan kedua adalah kerena tidak semua hal punya kesempatan hingga kedua kalinya. Sekalipun kita sangat berharap untuk itu. Memang benar ungkapan bahwa kesempatan emas tidak datang dua kali. Jadi, manfaatkan itu sebaik-baiknya. Karena sekalipun memang kesempatan kedua nantinya ada, pasti tidak akan sama dan sesempurna kesempatan emas yang pertama.

So, mulai saat ini yang terpenting adalah melakukan yang terbaik untuk apa yang sudah kita jalani. Jangan berharap pada kemungkinan yang belum pasti hasilnya akan memuaskan. Jika memang kita percaya kesempatan kedua itu ada, setidaknya tanamkan dalam jika bahwa kesempatan pertama lebih berharga.

Sumber gambar: szafirm.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mata Adalah Harta Berharga yang Harus Kita Jaga

Mata Adalah Harta Berharga yang Harus Kita Jaga

Debut VVD di Liverpool Luar Biasa Tapi Harus Lebih Sempurna

Debut VVD di Liverpool: Luar Biasa Tapi Harus Lebih Sempurna