Kesadaran yang Harus Dimiliki Oleh Anak Kost Ketika Kost Bersama Orang Lain
Sumber gambar: serumah.com
in

Kesadaran yang Harus Dimiliki Oleh Anak Kost Ketika Kost Bersama Orang Lain

UGETUGETBaru saja saya membaca kiriman draft SMS UGM. Pengirim dari draft tersebut merupakan anak kost yang menceritakan keluh kesah saat ia kost bersama orang lain. Ia pun membagikan keluh kesah dan curhatannya di draft SMS UGM sebagai bentuk nasehat untuk anak-anak kost lainnya.

Memutuskan untuk menjadi anak kost tentunya penuh pertimbangan. Misalnya mahasiswa yang kuliah di kota lain atau orang-orang yang diterima kerja di kota lain tentunya harus nge-kost sebagai tempat tinggal sementara. Memutuskan untuk nge-kost pun rasanya juga tidak mudah. Pasti banyak yang dipikirkan.

Misalnya, ada rasa sulit untuk berpisah dengan keluarga di kampung halaman, harus persiapan diri untuk hidup lebih mandiri, harus pandai mengatur keuangan agar uang tidak cepat habis, dan lain sebagainya.

Memilih tempat kost pun juga harus diperhitungkan. Ada tipe kost yang kamarnya sendiri, ada pula yang berbagi kamar dengan orang lain.

Mungkin memilih kost bersama akan lebih enak karena salah satu alasannya harga yang dibayarkan menjadi tidak terlalu mahal. Tapi, bagi anak kost yang tinggal bersama orang lain, tentunya harus memiliki kesadaran diri agar tidak membuat jengkel teman kostnya.

Begitu pula dengan salah satu pengirim draft SMS UGM ini yang menceritakan pengalaman serta nasehatnya untuk anak kost ketika tinggal bersama orang lain. Apa saja itu?

MEMINTA IZIN KETIKA MEMINJAM BARANG MILIK ORANG LAIN

Penting banget ini bagi anak kost. Agar tidak menimbulkan masalah dengan teman satu kost, saat kamu pinjam barang milik temanmu jangan lupa untuk izin dulu ya! Siapa tahu barang tersebut juga mau dipakai oleh temanmu?

Selain itu setelah kamu sudah meminjamnya, kamu wajib mengembalikan ke tempat seperti semula. Misalnya meminjam sapu, peralatan makan, dan barang lainnya, harus kamu kembalikan ke tempat semula. Kan sudah dipinjamkan dengan baik-baik, kamu pun juga harus mengembalikannya dengan baik-baik pula.

GUNAKAN FASILITAS DAPUR BERSAMA DENGAN SEBAIK-BAIKNYA

Beruntung banget, lho ketika kamu bisa mendapatkan kost yang ada dapurnya. Kamu bisa lebih menghemat pengeluaran dalam hal makanan, karena kamu bisa memasak di dapur kost.

Yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan fasilitas ini, kamu harus sadar untuk membersihkan dapur setelah kamu buat dapur tersebut seperti kapal pecah. Ya, saat kamu memasak tentunya dapur akan berantakan, sampah berceceran dimana-mana, alat masak juga banyak yang kotor.

Nah kamu sebagai anak kost harus memiliki kesadaran untuk membersihkan dapur ketika kamu selesai menggunakannya. Kamu sendiri juga nggak mau kan ketika mau menggunakan dapur tapi keadaannya sangat kotor?

Kesadaran yang Harus Dimiliki Oleh Anak Kost Ketika Kost Bersama Orang Lain
Sumber gambar: Draft SMS UGM

GUNAKAN FASILITAS KAMAR MANDI BERSAMA DENGAN BIJAK

Mungkin bagian fasilitas kamar mandi ini juga sangat penting. Karena kamar mandi digunakan bersama, harusnya kamu juga sadar untuk menggunakannya dengan bijak.

Kamu harus sadar diri ketika bak mandi sudah mulai kotor, kamu harus mau membersihkannya. Tidak perlu disuruh-suruh karena kebersihan kamar mandi juga buat kamu sendiri kan?

Sampah-sampah seperti bungkus sabun, bungkus sampo, atau pembalut pun juga harus kamu buang pada tempatnya.

Nggak mau kan kalau bak mandi kotor dan kamar mandi penuh dengan sampah-sampah? Jadi, sebagai anak kost kamu harus memiliki kesadaran tentang kebersihan kamar mandi ya!

Kesadaran yang Harus Dimiliki Oleh Anak Kost Ketika Kost Bersama Orang Lain
Sumber gambar: serumah.com

SIMPAN SEPATU DAN SANDAL DI TEMPAT SEMESTINYA

Kalau di kostmu ada rak sepatu, agar terlihat rapi semestinya kamu dan teman-teman kost menaruh sepatu dan sandal di rak tersebut.

Sungguh, melihat sandal dan sepatu yang berserakan juga tidak sedap untuk dipandang kan?

PARKIR KENDARAAN YANG RAPI

Saat kamu menaruh motor di depan kost, baiknya kamu memarkirnya dengan keadaan rapi. Jangan sampai motor kalian berantakan di depan kost. Dilihat nggak nyaman banget kan?

Selain motor, kerapihan dalam menata helm juga wajib dilakukan. Melihat motor berantakan saja nggak nyaman, apalagi helm yang berantakan? Kalau ada rak atau kotak helm taruhlah helm kalian disitu.

Jadi untuk kalian anak kost, kalian harus memiliki kesadaran diri ya. Tinggal bersama orang lain kan tentunya ada enak dan tidaknya. Agar hubunganmu dengan teman yang lain terus baik, kamu harus memiliki kesadaran diri agar tercipta suasana kost yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kelebihan Berat Badan? Bulan Puasa Ini Adalah Langkah Awal Untuk Mulai Diet

Kelebihan Berat Badan? Bulan Puasa Ini Adalah Langkah Awal Untuk Mulai Diet

Tanda Krul, Tanda Paraf untuk Menilai Tugas Sekolah

Tanda Krul, Tanda Paraf untuk Menilai Tugas Sekolah