Keripik Pegagan Cemilan Unik dari Kulon Progo
Sumber gambar: keripikpegaganjogja.blogspot.co.id
in

Keripik Pegagan, Cemilan Unik dari Kulon Progo

UGET UGET – Apa kuliner andalan yang sering teringat jika menyebut kata Kulon Progo? Bisa jadi yang diingat adalah Wingko Babat, Tempe Koro, atau mungkin Geblek, tapi mungkin bukan keripik Pegagan. Mungkin makanan ini masih langka dan terdengar aneh bagi orang-orang di luar Kulon Progo. Mungkin ada pula yang bertanya-tanya sebenarnya keripik Pegagan itu apa.

Pegagan ini sebenarnya hanyalah tanaman liar yang biasa tumbuh di perkebunan atau di ladang. Bahkan ada pula yang hanya tumbuh di tepi jalan. Saking kreatifnya, masyarakat mengolah tanaman liar ini menjadi olehan keripik yang enak dan renyah. Saat ini, keripik Pagagan bisa banyak kita jumpai di Kulon Progo. Lebih spesifiknya saya akan menyebut salah satu daerah, yaitu Samigaluh.

Bagi yang masih asing dengan nama Pagagan, pada dasarnya tanaman ini memiliki banyak nama lokal lain di setiap daerah. Misalnya saja di Banjar, orang akan menyebutnya Jalukap. Lain lagi di Indramayu dan Cirebon, mereka menyebut tanaman ini Semanggen. Di Semarang, orang lebih mengenal Pegagan sebagai tanaman bernama Rendeng. Pasti akan lain lagi di daerah lainnya.

Mungkin di daerah lain sebenarnya sudah mengenal tanaman ini, hanya saja belum banyak yang memanfaatkannya. Mungkin baru sebagian saja yang memanfaatkan Pegagan untuk menjadi olehan makanan. Kalau di Jawa Barat sih biasanya tanaman ini digunakan untuk lalapan.  Kita tahu kalau masyarakat Jawa Barat memang gemar akan hal itu.

Kita wajib berterima kasih dengan para kreator yang sudah dengan kreatif mengolah tumbuhan ini menjadi makanan, seperti halnya cemilan keripik gurih yang enak dan bikin ketagihan ini. Kerena selain lezat, cemilan ini juga mengandung banyak manfaat dan baik untuk kesehatan. Mengagumkan. Dari tumbuhan liar, bisa disulap menjadi sesuatu yang memiliki benefit tinggi.

Untuk itu, tidak ada salahnya kalau kita mencari tahu lalu mencoba kelezatan keripik Pegagan ini. Rasanya jelas renyah dan unik. Mungkin kita akan merasakan sedikit saja pahit, tapi tenang, pahitnya justru menggoda. Cita rasa unik inilah yang ngangenin. Maka dari itu, keripik Pegagan ini recomended banget dan bisa menjadi pilihan kita kalau ingin membeli oleh-oleh khas dari Kulon Progo.

Sumber gambar: keripikpegaganjogja.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Jika Pemain dengan Cinta yang Diinginkan, Maka Mudahkan Jalan Gerard Deulofeu Pulang

Jika Pemain dengan Cinta yang Diinginkan, Maka Mudahkan Jalan Gerard Deulofeu Pulang

Miniku Love, Bukan Jasa Pengiriman Barang, Tapi Jasa Penitipan Barang Pemberian Mantan

Miniku Love, Bukan Jasa Pengiriman Barang, Tapi Jasa Penitipan Barang Pemberian Mantan