Keripik Bonggol Pisang Pelengkap Bukti Sempurnanya Pohon Pisang
Sumber gambar: www.pinterest.com
in

Keripik Bonggol Pisang: Pelengkap Bukti Sempurnanya Pohon Pisang

UGET UGET – Sudah pernah makan keripik bonggol pisang? Kreasi ini jadi pelengkap sempurnanya pohon pisang yang kita kenal berdaya guna besar itu.

Sejak dulu kita tahu bahwa pohon pisang banyak kegunaannya. Bahkan bisa dibilang hampir semua bagian pohon pisang bisa dimanfaatkan. Bukan hanya untuk diambil buahnya saja, daun, jantung, batang, bahkan bonggolnya saja bisa dimanfaatkan.

Kalau berbicara buah pisang, pasti kita sudah sering memakannya. Buahnya saja macam-macam jenisnya. Ada yang hanya bisa dimakan langsung seperti buah pada umunya saja, ada yang bisa digoreng, ada pula yang bisa dibuat keripik pisang dan olahan lainnya.

Untuk daun, kita sering mengenalnya sebagai bungkus makanan. Kalau di pedesaan juga bisa untuk makan ternak. Yang jelas, daun pisang itu ada saja kegunaannya. Jadi pengganti payung juga bisa kan ya?

Bukti sempurnanya pohon ini juga ada di batangnya yang serba guna. Ingat pertunjukkan wayang? Biasanya batang pohon pisang atau gedebok ini menjadi tempat Pak Dalang menancapkan wayang-wayangnya. Selain itu, batang pisang yang dikelupas dan dikeringkan juga laku keras di pasaran. Ada yang dijadikan tali, ada juga yang sampai menjadikannya bahan untuk membuat kerajinan. Tas dari batang pohon pisang misalnya.

Nah, sekarang ini ada lagi yang bisa menjadi pelengkap bukti sempurnanya pohon pisang. Bonggol pohon pisang pun bisa dijadikan berbagai macam olahan. Bonggol pisang atau akar pohon pisang ini tadinya banyak dikenal untuk dijadikan MOL (Micro Organisme Lokal), dan dinilai bagus sebagai penambah nutrisi tanaman padi.

Akan tetapi, saat ini manfaatnya bukan hanya untuk itu saja. Bonggol pisang juga bisa dimasak untuk dijadikan makanan. Yang lebih dulu banyak diketahui adalah gudeg bonggol pisang. Hanya saja mungkin makanan ini sulit dan jarang dijumpai.

Sekarang, sudah ada lagi kreasi baru yang memanfaatkan bonggol pisang sebagai bahan keripik. Yup, keripik bonggol pisang. Olahan ini cukup unik dan menarik. Rasanya juga cocok di lidah orang Indonesia tentunya. Sudah mulai banyak yang memproduksi keripik bonggol pisang ini untuk di pasarkan di toko-toko atau swalayan. Jadi, bagi yang ingin mencoba, bisa lebih mudah mendapatkannya dari pada harus susah-susah membuat sendiri. Bagaimana? Tertarik? Enak lho.

Sumber gambar: www.pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kaktus Mini Bisa Jadi Pilihan Tepat Bagi Para Pencinta Tanaman Hias

Kaktus Mini Bisa Jadi Pilihan Tepat Bagi Para Pencinta Tanaman Hias

Tiga Warung Kopi Unik Jogja, Pernah Ke Sini?

Tiga Warung Kopi Unik Jogja, Pernah Ke Sini?