Lebih Dari Kereta Cepat, Hyperloop Siap Dibangun di Indonesia
Sumber gambar: www.pocket-lint.com
in

Lebih Dari Kereta Cepat, Hyperloop Siap Dibangun di Indonesia

UGET UGET – Bagaimana rasanya naik kereta cepat? Pasti wush wush wush begitu rasanya. Tapi bagaimana rasanya kalau naik kendaraan yang lebih cepat dari kereta cepat? Bahkan lebih cepat dari pesawat loh. Pasti penasaran kan?

Ya, kendaraan yang lebih cepat dari pesawat itu bernama Hyperloop. Melansir dari CNN Indonesia, moda transportasi ini mengklaim sebagai kendaraan paling cepat di dunia untuk saat ini.

Bukan tanpa sebab perusahaan dari Amerika Serikat ini berani mengklaim dirinya sebagai moda transportasi tercepat. Menurut Bibop G. Gresta, selaku Chairman Hyperloop, kecepatan kendaraan ini mencapai 1.300 km per jam.

Untuk memudahkan gambaran, jika menggunakan kendaraan Hyperloop ini, maka perjalanan Jakarta-Surabaya hanya ditempuh dalam waktu 56 menit. Bagaimana, cepat banget kan? Bahkan perjalanan Jakarta-Yogyakarta bisa ditempuh dengan waktu 25 menit.

Teknologi dari Hyperloop sangat futuristik. Sebab moda transportasi ini tidak menggunakan konstruksi jalur yang konvensional seperti rel kereta api. Tapi kendaraan ini memiliki jalur khusus yang wujudnya berbentuk pipa.

Ruangan di dalam pipa ini dibuat hampir mendekati hampa udara atau vakum. Ternyata, tingkat hampa udara di dalam pipa ini sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan Hyperloop. Sebab, dengan kondisi vakum tersebut maka gesekan antara kapsul dan udara akan semakin kecil.

Jadi, teknologi yang digunakan oleh Hyperloop ini adalah teknologi yang dapat mengoptimalkan udara tipis yang berada di dalam pipa untuk menjadi daya dorong kapsul, sekaligus menjaga jarak kapsul dengan pipa baja.

Kelebihan lainnya dari Hyperloop adalah tidak memerlukan lahan yang luas. Bahkan, karena saking fleksibelnya, jalur Hyperloop bisa dibangun di atas jembatan, jalan tol, dan sebagainya. Tentu saja kendaraan ini menarik minat masyarakat Indonesia dengan segala kelebihannya.

Setidaknya dalam lima tahun ke depan, moda transportasi ini sudah hadir di Indonesia. Terakhir, tercatat sudah ada tiga rute transportasi Hyperloop di Indonesia yang disiapkan di tahap awal. Semoga saja cepat terealisasikan.

Oiya, jika infrastruktur dari Hyperloop ini sudah jadi, maka tiap kapsulnya mampu menampung 40-60 orang. Dan satu kapsulnya akan berangkat tiap tiga menit.

Sumber gambar: www.pocket-lint.com

A post shared by Futurism (@futurism) on

Punkaz D. Singaraska

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Sepuluh Tangga yang Harus Didaki untuk Hidup Bahagia

Sepuluh Tangga yang Harus Didaki untuk Hidup Bahagia

Aplikasi Matematika Ini Bikin Kamu Jago Matematika

Aplikasi Matematika Ini Bikin Kamu Jago Matematika