Keraton Yogyakarta, Istana Kebanggaan Masyarakat Jogja
Sumber gambar: bswtour.co.id
in

Keraton Yogyakarta, Istana Kebanggaan Masyarakat Jogja

UGET UGET – Setiap wisatawan yang berkunjung ke Jogja, tentu tak akan melewatkan untuk berkunjung ke salah satu ikon kota Jogja yaitu Keraton Yogyakarta. Sebuah bangunan istana dengan gaya arsitektural yang khas akan nuansa tradisional Jawa ini menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan. Keraton Yogyakarta memberikan tawaran tersendiri bagi para wisatawan berupa sederet kisah sejarah yang melekat di istana kebanggaan masyarakat Jogja ini.

Bermula pada tahun 1755, Keraton Yogyakarta mulai dibangun oleh Pangeran Mangkubumi, selang beberapa bulan setelah peristiwa Perjanjian Giyanti ditandatangani. Hutan Beringin menjadi pilihan berdirinya keraton karena tanah tersebut diapit dengan dua aliran sungai yang dianggap baik dan terlindung dari kemungkinan banjir. Sampai saat ini, bangunan Keraton Yogyakarta tetap berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik. Raja Yogyakarta yang bergelar Sultan Hamengkubuwono merupakan sosok yang dicintai dan dihormati oleh seluruh masyarakat Yogyakarta.

Di satu sisi, jika Anda menyempatkan berjalan-jalan di Keraton Yogyakarta, maka Anda akan disajikan dengan bangunan-bangunan indah yang memiliki corak tradisional Jawa. Hanya dengan mengeluarkan kocek Rp 10.000,-, Anda akan menikmati sebuah sensasi yang tak ada duanya dengan sebuah perjalanan nilai-nilai historis dan filosofis yang sangat kental di bangunan ini.

Memasuki istana tersebut, berbagai bangunan yang memiliki fungsi dan nama telah siap memanjakan mata Anda. Dengan menikmati corak bangunan khas Jawa, suara alunan tembang Jawa yang syahdu ditambah dengan aroma bunga dan dupa menemani perjalanan Anda. Di luarnya, burung-burung terbang dan hinggap ke dahan pohon sawo kecik yang banyak tumbuh di kompleks Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta menjadi pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak hanya sekadar menjadi rumah bagi raja dan keluarga maupun kerabat kerajaan semata, Keraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus berposisi sebagai pemimpin bagi kebudayaan tersebut.

Di tempat ini wisatawan dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa terus menyala serta dilestarikan. Selain menikmati corak bangunannya yang estetik dan elegan, Anda juga dapat melihat beraneka ragam benda-benda budaya yang tak ternilai. Menyajikan koleksi seperti batik, lukisan, kereta, maupun berbagai benda tosan aji membuat Anda akan berpikir bahwa begitu kayanya tradisi lokal yang kita miliki.

Selepas mengelilingi Keraton Yogyakarta, Anda tidak perlu bingung untuk melepas lelah karena tak jauh dari destinasi wisata tersebut telah berdiri berbagai penginapan untuk para wisatawan seperti Hotel Melia Purosani, Jambuluwuk, The Phoenix Hotel, dan sebagainya. Dengan fasilitas berupa tempat yang nyaman dan harga yang sesuai kantong Anda, membuat perjalanan yang Anda lakukan menggembirakan.

Sumber gambar: bswtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Salman Khan Dipenjara Setelah Membunuh Antelop

Salman Khan Dipenjara Setelah Membunuh Antelop

Gua Selarong Tujuan Para Wisatawan

Gua Selarong Tujuan Para Wisatawan