Alasan Kenapa Kamu Perlu Jelajah Dunia yang Lebih Luas Lagi
Sumber gambar: wideinfo.org
in

Alasan Kenapa Kamu Perlu Jelajah Dunia yang Lebih Luas Lagi

UGET UGET Jelajah dunia? Mungkin ada pertanyaan dalam hati, mengapa kita harus susah-susah menjelajah dunia yang lebih luas lagi. Bukankah orang-orang sering berkata bahwa tempat kita adalah yang ternyaman? Jadi, untuk apa kita pergi jauh-jauh?

Sebentar, akan saya tuliskan satu per satu mengapa jelajah dunia itu perlu. Tapi sebelum itu, saya ingin memaknai jelajah dunia di sini sebagai suatu pengembaraan seseorang dalam hidupnya. Bukan sekadar soal traveling ke luar negeri. Intinya, menjelajah dunia yang lebih luas itu tandanya berada di tempat yang belum pernah kamu tempati sebelumnya.

Sekarang saatnya membahas apa pentingnya jelajah dunia.

Pengalaman?

Jelas, biasanya alasan klasiknya begitu. Orang ingin pergi jauh dari tempat biasa dia berada demi mengejar pengalaman. Akan berbeda rasanya jika belajar hidup di tempat jauh. Tempat baru misalnya. Tentu ada banyak pengalaman yang kita dapatkan.

Kita dapat mengerti dari apa yang kita alami di luar sana. Dengan begitu, pengalaman hidup kita akan bertambah, karena kita sudah mengalaminya secara langsung.

Pengetahuan.

Sepaket dengan pengalaman, ada pula pengetahuan yang kita peroleh dari hasil jelajah dunia yang lebih luas lagi dari biasanya. Kita meyakini bahwa wawasan luas itu diperlukan. Dengan berjelajah, kita mampu mengetahui bagaimana kondisi luar. Bagaimana kita harus bertindak atau melakukan sesuatu.

Hal ini memang sudah sepatutnya dipelajari. Meskipun bukan merupakan pengetahuan yang diajarkan secara formal, kita tetap saja dapat mengambil pelajaran hidup di tempat-tempat itu. Bahkan, dengan melangkah lebih jauh, kita dapat lebih melihat luasnya dunia. Ini tandanya kita juga mendapatkan pengetahuan dari dunia itu.

Melatih keberanian.

Pernah mendengar ungkapan bahwa tempat di mana kita tinggal adalah tempat yang paling nyaman? Tidak bisa disalahkan, hal itu memang benar dan banyak diakui. Apakah pernah juga mendengar ungkapan “keluarlah dari zona nyamanmu jika kau ingin maju”? Saya percaya itu juga benar.

Bagi saya, seseorang yang memutuskan untuk melangkahkan kaki lebih jauh itu adalah mereka yang ingin maju dan berani keluar dari zona nyaman. Kita memang harus berani, karena kita tahu hal itu tidak mudah dan butuh perjuangan. Hanya yang berani saja yang bisa melakukannya.

Menikmati Karunia Tuhan.

Ini adalah alasan santainya. Tuhan sudah menciptakan dunia begitu luas dan indahnya. Akan sangat disayangkan jika kita hanya terpaku di satu tempat saja tanpa mencoba tempat lainnya. Dunia begitu luas dan mengagumkan, manfaatkan itu.

Tuhan menciptakan semua ini untuk kita, jadi mulailah meniatkan hati untuk menginjakkan kaki di bumi Tuhan yang lebih jauh lagi. Melihat dunia yang lebih luas lagi.

Sumber gambar: wideinfo.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Sesuatu yang Paling Bisa Dibanggakan dari Dunia Sepak Bola Indonesia

Sesuatu yang Paling Bisa Dibanggakan dari Dunia Sepak Bola Indonesia

Sosialisasi KIM, Bantu Atasi Kesenjangan Informasi & Ciptakan Masyarakat Desa yang Cerdas dan Mandiri cover

Sosialisasi KIM, Bantu Atasi Kesenjangan Informasi & Ciptakan Masyarakat Desa yang Cerdas dan Mandiri