Kenakan Tarif Terpisah, Lift Di Distrik Daxing China Ini Berbayar
Sumber gambar: www.straitstimes.com
in

Kenakan Tarif Terpisah, Lift Di Distrik Daxing China Ini Berbayar

UGET UGET – Padatnya rutinitas disertai dengan semakin tingginya kasus malas bergerak (mager) membuat orang banyak mengandalkan teknologi. Banyak orang menggunakan moda transportasi, seperti elevator dan lift, meski berada dalam gedung dan jaraknya dekat sekalipun. Penggunaannya yang cuma-cuma, sering kali jadi pilihan. Namun berbeda dengan lift yang ada di hunian distrik Daxing, China. Di sana pakai lift tidak gratis lho, alias dikenakan tarif terpisah.

Sekarang ini zaman serba instan. Dulunya di dalam gedung, orang hanya mengenal tangga yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Namun saat ini, kebutuhan untuk memuaskan pelanggan semakin meningkat. Di samping itu, pola hidup pekerja kantoran semakin tidak teratur, orang semakin malas untuk bergerak, produktivitas pun menurun.

Orang belanja di mall semakin malas untuk menggunakan tangga. Bahkan hampir di banyak mall, orang menggunakan tangga hanya untuk kondisi darurat. Mahasiswa lebih memilih menggunakan lift untuk bisa sampai dengan cepat ke ruang kelasnya. Naik lift memang solusi cepat, tapi kadang bikin terlambat masuk kelas karena saking banyaknya mahasiswa yang menggunakan.

Saat ini banyak orang menganggap menggunakan tangga hanya akan menguras tenaga. Padahal dengan menaiki dan menuruni tangga, tubuh dapat berkeringat dan sendi pun semakin kuat. Namun saat ini lift sudah menjadi indikator peradaban. Banyaknya pembangunan gedung yang menjulang vertikal pun membuat kebutuhan akan lift meningkat.

Lift biasanya disediakan gratis. Namun berbeda dengan hunian di distrik Daxing. Di sana setidaknya ada 11 lift dipasang di sana, setelah sebelumnya hanya menggunakan tangga. Uniknya, lift di sana berbayar.

Lift itu baru akan bekerja jika penggunanya memindai kartu di sebuah perangkat sensor. Saldo penggunanya pun akan otomatis terpotong 0,2 yuan atau setara dengan Rp 400 untuk sekali jalan. Memang angkanya terbilang kecil, tetapi kalau diakumulasi bisa juga memunculkan angka yang fantastis. Apalagi kalau digunakan berkali-kali.

Dilansir liputan6.com, lift itu sengaja dibuat untuk memberikan fasilitas baru pada bangunan-bangunan lama. Meskipun begitu biayanya dihitung terpisah, sehingga penghuni bangunan tidak merasa terbebani dengan biaya konstruksi dan perawatannya.

Boleh juga ya idenya. Jadi para penghuni yang sudah merasa cocok dengan harga sewa bangunan sebelumnya, tidak akan bermasalah dengan fasilitas baru ini. Mereka bebas mau menggunakannya atau tidak. Barang kali ini bisa jadi pertimbangan.

Sumber gambar: www.straitstimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Alas Kaki Bergambar Foto Mantan, Cara Balas Dendam Secara Halus

Alas Kaki Bergambar Foto Mantan, Cara Balas Dendam Secara Halus

Mengapa Ada Peluang Cinta Lama Bersemi Kembali

Mengapa Ada Peluang Cinta Lama Bersemi Kembali?