Cara Seru Kembangkan Kemampuan Berkomunikasi Si Kecil
Sumber gambar: www.justdial.com
in

Cara Seru Kembangkan Kemampuan Berkomunikasi Si Kecil

UGET UGET – Kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan dasar yang harus semua orang miliki. Karenanya, kemampuan ini perlu dilatih sejak kecil. Orang tua perlu bersikap proaktif pada anak. Ada banyak cara yang bisa orang tua lakukan untuk memantik anak berbicara aktif. Nah akan lebih menyenangkan ketika orang tua pandai melatih komunikasinya melalui permainan.

Anak harus mampu berkomunikasi aktif. Namun jangan bebani ini dengan memintanya menghapal kosakata dari buku atau kamus ya. Anak tentu akan malas bahkan bosan dengan cara seperti itu. Selain itu sebisa mungkin upayakan adanya campur tangan para orang tua akan proses belajarnya ini. Sebab anak kecil biasanya masih butuh arahan. Pun, ini dapat memperkuat ikatan antara anak dengan orang tuanya.

Kemampuan berkomunikasi menjadi indikator penting berfungsinya fungsi otak lainnya. Karenanya penting untuk terus melatihnya. Nah lalu bagaimana caranya melatih kemampuan berkomunikasi? Ada banyak cara kok, simpelnya orang tua bisa mengajak anak bermain flash card, membaca buku bacaan bersama, bermain boneka jari, mengulang-ulang kosakata, atau aktif mengajaknya berkomunikasi dalam aktivitas keseharian.

Semua cara itu bisa membuat anak terlatih untuk berimajinasi dan kemampuannya merespon orang lain. Usahakan untuk mengajak anak bermain dengan dukungan gambar atau video yang membuat belajar akan jauh lebih fun. Anak pun akan lebih mudah mencerna informasi.

Anda bisa mengajak anak masuk dalam sebuah drama atau dongeng yang di dalamnya mengandung banyak kosa kata. Namun penting untuk mengupayakan anak terlibat berkomunikasi. Usahakan anak untuk mengulang kata-kata yang kamu ucapkan. Sehingga anak tidak akan menganggapnya sebagai angin lalu. Bahkan eksplorasi cerita tak masalah, asal anak tetap bisa belajar lebih banyak kosa kata.

Dilansir liputan6.com, menurut seorang dokter anak bernama Kelly Lelonek, anak setidaknya harus memiliki lebih dari 50 kata sebelum mampu menggabungkannya. Karena itu mengenalkan anak pada kosa kata dapat dilakukan sedini mungkin.

Jangan menunda-nunda ketika anak sudah lebih dewasa baru mau mengenalkannya dengan huruf dan abjad ya. Semakin cepat anak dikenalkan dengan banyak perbendaharaan kata, semakin cepat pula anak fasih berbicara. Tentu para orang tua tidak sabar bukan melihat anak kita aktif berbicara. Mendengar anak memanggil Ayah atau Bunda saja sudah bukan kepalang senangnya ya?

Percayalah, kemampuan berkomunikasi yang baik akan memudahkan anak untuk masuk dan melebur dalam lembaga atau masyarakat manapun. Dia akan menjadi pribadi yang mudah diterima kelak. Sehingga orang tua perlu membantu mempersiapkan ini dengan baik.

Sumber gambar: www.justdial.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tips Barang-Barang yang Perlu Dibawa Saat Menstruasi

Tips Barang-Barang yang Perlu Dibawa Saat Menstruasi

Ini Alasan Mengapa Cewek Suka Mengajak Teman Saat Pergi Ke Toilet

Ini Alasan Mengapa Cewek Suka Mengajak Teman Saat Pergi Ke Toilet