Kelebihan Berat Badan? Bulan Puasa Ini Adalah Langkah Awal Untuk Mulai Diet
Sumber gambar: pondokibu.com
in

Kelebihan Berat Badan? Bulan Puasa Ini Adalah Langkah Awal Untuk Mulai Diet

UGETUGET – Bagi Anda yang merasa kelebihan berat badan, tidak perlu merasa khawatir. Bulan Ramadhan ini bisa menjadi langkah awal yang menjanjikan untuk memulai diet. Bagaimana tidak, selama 12 jam kita dilarang untuk makan dan minum.

Meski minggu-minggu awal terasa lemas, tenang saja. Ini hanyalah adaptasi. Hal ini karena kita memaksa tubuh yang terbiasa makan tiga kali sehari, untuk memindah jadwalnya hanya pada malam hari saja. Itupun dengan porsi yang sudah berkurang banyak.

Bagaimanapun kita harus setuju, angka penunjuk berat badan di timbangan yang selalu kita cermati bukanlah angka yang tiba-tiba muncul begitu saja. Angka itu adalah akumulasi dari bulanan atau tahunan kebiasaan makan kita saat ini

So, apa yang harus kita mulai untuk diet kita? Yang paling utama adalah keinginan dan niat. Setelah itu, hal-hal teknis lain seperti pola makan dan olahraga hanyalah metode saja.

Sudah jamak kita dengar jika untuk diet, pola yang tepat digunakan adalah 50% pola makan lalu 50% olahraga. Namun pola makan yang seperti apa? Lalu olahraganya bagaimana? Sabarlah, seperti Anda bersabar menanti waktu berbuka puasa.

Kelebihan Berat Badan? Bulan Puasa Ini Adalah Langkah Awal Untuk Mulai Diet
Sumber gambar: pondokibu.com

Yang pertama adalah olahraga. Anda bisa melakukan jenis olahraga apapun. Yang pasti, haruslah rutin setiap hari dilakukan. Namun untuk diet, Anda tidak boleh hanya menggantungkan diri dengan olahraga saja. Misalnya, Anda rajin olahraga di pagi, siang atau malam, namun sebelum tidur tetap rajin makan jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Hasilnya? Nol!

Barangkali Anda berpikir bahwa aktivitas berpuasa bisa menganggu pola olahraga. Justru itulah pola pikir yang harus dibenahi. Puasa malah bisa menjadi kesempatan yang tepat bagi Anda! Bagaimana bisa? Perlu Anda tahu, saat kondisi tubuh terlapar, maka proses pembakaran lemak akan lebih maksimal.

Maka, waktu yang tepat untuk melaksanakan olahraga saat puasa adalah sore hari, sekitar pukul 5. Pada waktu itu, biasanya tubuh sudah melewati fase lemas karena kekurangan asupan. Sensasi lemas ini berganti penuh kekuatan, karena tubuh mereplikasi kebutuhan energi menggunakan cadangan lemak dalam tubuh.

Yang kedua adalah jenis makanan. Perlu digarisbawahi bahwa kita menggunakan momentum puasa ini sebagai langkah memulai diet. Maka, pemaknaannya tidak hanya mengubah jam makan saja. Tapi juga jenis makanan yang dikonsumsi, kandungannya, serta besaran porsinya. Yang pasti, jika ingin agar diet ini lebih efektif, hindari konsumsi karbohidrat berlebih seperti nasi beserta saudaranya (lontong, ketupat, lemper, dll).

Masih ragu? Tak perlu ragu, kuncinya lakukan dan niat! Maka selamat menjalankan ibadah diet Anda.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Hanya di Indonesia! Bus Asik Balapan di Jalan Tol ala Anime 90’an

Hanya di Indonesia! Bis Asik Balapan di Jalan Tol ala Anime 90’an

Kesadaran yang Harus Dimiliki Oleh Anak Kost Ketika Kost Bersama Orang Lain

Kesadaran yang Harus Dimiliki Oleh Anak Kost Ketika Kost Bersama Orang Lain