Kelebihan yang Dimiliki Anak Tunggal Mandiri, Rajin, dan Suka Membantu
Sumber gambar: abiummi.com
in

Kelebihan yang Dimiliki Anak Tunggal: Mandiri, Rajin, dan Suka Membantu

UGET UGET – Anak yang tak punya saudara kandung atau biasa disebut anak tunggal lekat dengan stereotip manja, pelit, rentan kesepian, dan sebagainya. Karena cuma satu-satunya anak yang dimiliki oleh orang tuanya, segala keinginannya pasti keturutan. Namun di samping kemungkinan sifat buruknya itu, anak tunggal punya kelebihan yang belum tentu dimiliki anak yang memiliki saudara kandung lho. Salah satunya mereka lebih mandiri.

Anak tunggal terbiasa melakukan segalanya seorang diri. Ketika orang tua sibuk bekerja, dia akan mengerjakan segala urusannya sendiri. Mulai dari mengerjakan tugas, mencuci baju, beli kebutuhan pribadinya, masak, mengangkat barang, bongkar pasang, dan lain sebagainya. Tak ada saudara kandung, membuatnya terbiasa mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Pokoknya, menjadi mandiri sudah seperti semacam tuntutan baginya.

Kalau tidak dikerjakan sendiri, mau mengandalkan siapa lagi? Segala pekerjaan tak akan selesai kalau hanya dipelototi saja. Ini berbeda dengan mereka yang punya saudara, pasti bisa seenaknya menyuruh kakak atau adiknya melakukan ini dan itu. Atau saat sedang malas mengerjakan sesuatu, mereka bisa dengan santainya meminta bantuan. Kalian pun bisa saling bagi tugas sehingga beban kerja tak terlalu besar.

Namun berbeda denganmu yang anak tunggal. Justru karena hanya seorang diri, kamu tak bisa mengandalkan siapapun. Kamu tentu tak enak hati terus meminta bantuan pada orang tua. Kalaupun meminta bantuan teman, tentu bisa tapi tak akan fleksibel karena tak selalu bersama. Akhirnya kamu hanya bisa mengandalkan dirimu sendiri. Tak ada pilihan lain selain menjadi mandiri.

Kamu sudah terbiasa bertahan dalam situasi-situasi sulit. Ya, menjadi anak tunggal membuatmu lebih tahan banting dalam menghadapi masalah yang ada. Kamu pun jauh lebih kuat, entah secara fisik maupun mental. Keuntungannya menjadi mandiri membuatmu tidak tumbuh menjadi anak yang cengeng, atau merengek hanya karena menumpuknya beban kerja.

Bahkan kamu pun akan menguasai pekerjaan rumah dengan baik. Karena sudah sering mengambil bagian dalam setiap pekerjaan rumah, kamu pun semakin mahir dan terlatih. Ternyata jadi anak tunggal ada sisi positifnya ya.

Sumber gambar: abiummi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Manfaat dan Efek Samping Imunisasi BCG untuk Anak

Manfaat dan Efek Samping Imunisasi BCG untuk Anak

Hu Hai, Kakek 68 Tahun yang Awet Muda

Hu Hai, Kakek 68 Tahun yang Awet Muda