Kelamaan Jomblo, Bahaya Kesehatan Ini Mengancam
Sumber gambar: plus.kapanlagi.com
in

Kelamaan Jomblo, Bahaya Kesehatan Ini Mengancam

UGETUGETAkhir-akhir ini istilah jomblo sering diperbincangkan. Terutama di kalangan remaja. Mungkin, untuk jombloers sudah tak asing lagi kata jomblo itu sendiri.

Akan tetapi, tahukah kalian, gaes, bahwasanya status jomblo tak diduga menyebabkan efek yang sangat serius untuk tubuh.

Seseorang yang nggak punya pasangan, sengaja melajang atau karena tidak ada pilihan, atau justru terkena kutukan single pada waktu yang tak sebentar, tentu saja mengakibatkan munculnya efek buruk bagi kesehatan dan mental di dalam tubuh dan jiwa.

Menurut John Cacioppo, psikolog dari University of Chicago menemukan hubungan antara kesendirian dan pengaruh buruknya bagi kesehatan.

Apabila seseorang sendiri dalam waktu yang cukup lama, maka akan mengakibatkan pengerasan pada arteri. Lalu dapat menyebabkan tekanan darah jadi tinggi.

Seorang pria yang jomblo sedang meratapi kesendirian
Sumber gambar: brilio.net | Seorang pria jomblo sedang meratapi kesendirian.

Di samping itu, mental seseorang yang sendirian lebih mudah jatuh dan stres serta gampang depresi.

Ketika seseorang sendiri, bukan hal mustahil dia akan merasa kesepian. Itu dapat membuat sistem ketahanan tubuh melemah. Dan saat daya imun melemah, maka tubuh akan mudah diserang segala penyakit.

Sebuah penelitian lain yang dilansir oleh Slate.com, seseorang yang terlampau lama sendiri cenderung mengakibatkan usia lebih pendek. Sebab, tak ada hubungan timbal balik antara tubuh dan pikirannya bersama pasangan, keluarga, atau masyarakat di sekitarnya.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa seseorang yang sendiri punya risiko lebih tinggi terhadap dua penyakit berbahaya nan mematikan, yakni jantung dan stroke ketimbang mereka yang punya pasangan.

Seorang wanita jatuh cinta
Sumber gambar: jogja.tribunnews.com | Seorang wanita jatuh cinta.

Pun terbukti, hasil penelitian yang mengikutkan jutaan orang, menyebutkan sekitar 36% penderita stroke yang masih saja sebatang kara akan meninggal dunia dalam jangka waktu 12 tahun, sesudah ia mengidap penyakit stroke.

Ngeri juga, ya, gaes, jika dipikir-pikir. Apalagi jika ini menimpa kita, saudara, ataupun teman-teman. Padahal saya sendiri juga termasuk kaum yang suka dengan kesunyian itu.

Makanya yang selalu mendambakan status jomblo sekarang harus lebih waspada. Lekaslah menemukan pendamping yang siap selalu di sisi supaya nggak sendirian terus dan ada tempat untuk berbagi. Baik suka, maupun duka.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

para peserta bersemangat

PRESS RELEASE: Mari Sedikit Berbincang tentang Lupus

Makhluk-Makhluk yang Berumur Ratusan Juta Tahun, Apa Saja Sih?

Makhluk-Makhluk yang Berumur Ratusan Juta Tahun, Apa Saja Sih?