Kekurangan Nokia 8 Sirocco, Baca Ini Dulu sebelum Membeli
Sumber gambar: cnet.com
in

Kekurangan Nokia 8 Sirocco, Baca Ini Dulu sebelum Membeli

UGET UGET | Jika Nokia menganggap smartphone barunya, yaitu Nokia 8 Sirocco adalah salah satu flagship yang menjadi andalan perusahaannya untuk tetap berada pada jalur persaingan, rasanya Nokia harus kecewa.

Alasannya adalah spesifikasi Nokia 8 Sirocco tidaklah istimewa. Secara garis besar, spesifikasi smartphone tersebut sudah dimiliki oleh smartphone dari Xiaomi dengan harga yang cukup terjangkau (di bawah 2.5jt-an) dan sudah dirilis beberapa bulan yang lalu.

Tampaknya, Nokia belum sadar dengan keadaan persaingan smartphone saat ini. Mungkin masih terlena dengan symbian OS dan featured phone berbasis java.

Kekecewaan dari Nokia 8 Sirocco

Pertama yang membuat saya cukup kecewa adalah: bentangan layar yang sudah kuno. Ponsel high end saat ini sudah menggunakan bentangan layar 18:9, bukan lagi 16:9. Lihat saja bagaimana Samsung dan Xiaomi gesit dalam hal ini.

Mereka sudah menghapus smartphone dengan bentangan layar 16:9, bahkan Xiaomi dengan ponsel paling murah sekalipun sudah menggunakan 18:9, cek Xiaomi Redmi 6A.

Yang kedua adalah, resolusi kamera. Apa mungkin Nokia ingin kita berkata wow dengan kamera depan dan belakang ? Samsung sudah menggunakan lebih dari 4 kamera belakang, Xiaomi juga sudah berlomba.

Nokia 8 Sirocco memiliki kamera 12MP dan 13MP, apa kita harus berkata wow? Saat ini, hampir sebagian besar vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan kamera dengan sensor besar.

Xiaomi mulai meluncurkan smartphone dengan kamera 48MP, kalau tidak salah seri Note7, baca selengkapnya di sini

Vivo sudah merevolusi smartphonenya dengan pop-up kamera, juga sudah mendukung sensor 48MP, baca spesifikasinya di sini

Sebentar lagi, Qualcomm akan merilis chipset yang mampu mendukung sensor kamera lebih dari 100MP, katanya chipset itu akan hadir pada akhir tahun 2019. Siapapun pasti menanti kehadiran chipset ini.

Yang ketiga adalah, kapasitas baterai. Nokia 8 Sirocco hanya memiliki kapasitas baterai sekitar 3200mAh. Sungguh kapasitas baterai yang sedikit untuk masa sekarang. Rata-rata pesaing menyematkan baterai sebesar minimal 4000mAh. Mungkin Nokia berpikir fitur wireless charging akan menurunkan kekecewaan konsumen. Tidak!

Kesimpulannya, Nokia 8 Sirocco tidaklah terlalu istimewa, apalagi dibanedrol sekitar 10jt-an, sungguh harga yang sangat mahal, kecuali bagi fan nokia garis keras, nek ora nokia ora.

Dengan uang 10jt, kita bisa mendapatkan ponsel yang lebih masuk akal, contoh Xiaomi dengan harga 2-3 juta sudah mendapatkan ponsel mumpuni. Ini bukan promosi lho, tapi realistis saja.

Mungkin sisi terbaik dari ponsel ini adalah namanya, Sirocco, seperti geng motor di Meksiko, hehe.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

bukalapak nokia 8 sirocco

Spesifikasi dan Informasi Harga HP Nokia 8 Sirocco

Ketika Jodoh Terhalang Restu, Bagaimana Kamu Harus Menyikapinya?

Ketika Jodoh Terhalang Restu, Bagaimana Kamu Harus Menyikapinya?