Kejujuran Salah Satu Hal Terpenting dalam Setiap Hubungan
Sumber gambar: fai.um-surabaya.ac.id
in

Kejujuran Salah Satu Hal Terpenting dalam Setiap Hubungan

UGET UGET – Tidak peduli berada dalam tingkat apapun itu hubungan itu, kejujuran adalah salah satu aspek terpenting dalam menjalani hidup ini.

Mungkin dunia ini aka damai jika penghuninya tidak pernah mengenal kata berbohong. Mungkin semuanya tidak akan kacau jika selalu memegang erat prinsip kejujuran. Mungkin juga tidak akan pernah ada perselisihan jika setiap orang mampu bertindak jujur askaligus mampu menerima kejujuran itu.

Masalahnya, di bumi ini, terlalu banyak manusia yang senang berbohong. Hingga pada akhirnya keadaan tidak bisa dianggap nyaman lagi. Berbohong banyak macamnya, ada yang digunakan untuk menutupi sesuatu, namun ada pula yang digunakan untuk menyamarkan sesuatu. Membuatnya nampak seperti yang tidak seharusnya.

Apapun itu, keberadaan kebohonganyang sudah menjamur di dunia ini sangat disayangkan. Padahal kita sendiri tahu betapa pentingnya menghindari kebohongan itu. Setiap hubungan atau relasi kita terhadap orang lain, selalu membutuhkan kejujuran. Ini bukan hanya perkara pasangan atau calon pendamping hidup saja. Namun semuanya.

Relasi antara orang tua dan anak pun sudah selayaknya dilandasi dengan kejujuran. Apa jadinya jika didikan orang tua tidak kita hiraukan dan justru kita abaikan? Sedang yang kita katakan dan yang kita lakukan di depannya hanyalah sebuah kebohongan? Cukup disayangkan.

Selain itu, hubungan pertemanan juga sudah selayaknya dibersamai dengan sikap jujur. Jika tidak, maka kita tidak akan menjadi teman yang baik untuknya dan kita pun tidak akan bisa memperoleh kepercayaan dari teman kita. Jujur itu bisa jadi kunci awal datangnya kepercayaan. Jika kejujuran saja kita tak punya, jangan harapkan kepercayaan datang. Hampir mustahil kedengarannya.

Jadi, mulai saat ini. Setelah paham tentang apa itu arti sesungguhnya dari sebuah kejujuran. Ada baiknya kita untuk semakin menyiapkan diri dan berusaha dekat dengan sikap jujur itu. Jangan biarkan orang lain beranggapan buruk tentangmu hanya karena ketidakjujuran. Cukup disayangkan, karena sebenarnya sudah sepantasnya kita mampu memelihara sikap baik itu sampai kapan pun. Dengan tidak membiarkan kebohongan melekat sebagai cap dalam pribadi kita. Sekali kita dicap pembohong, maka itu akan menghancurkan seluruh kepercayaan yang ada. Dan jika kita sudah kehilangan kepercayaan itu, maka akan sulit rasanya untuk mengembalikannya lagi, sekalipun ada kesempatan kedua.

Jujur itu kita, hanya bagi yang berani mengungkapkan yang sesungguhnya, sedang “pembohong” hanya dialamatkan bagi mereka yang pegecut dan takut dengan kebenaran.

Sumber gambar: fai.um-surabaya.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pulau Faisans, Saksi Bisu Perebutan Wilayah Antara Spanyol dan Prancis

Pulau Faisans, Saksi Bisu Perebutan Wilayah Antara Spanyol dan Prancis

Mengendalikan Ketegangan Jangan Biarkan Ia Merusak Suasana

Mengendalikan Ketegangan: Jangan Biarkan Ia Merusak Suasana