Kebun Binatang Terbesar di Tiongkok Kenalkan Teknologi Virtual Reality Untuk Mudahkan Interaksi dengan Hewan
Sumber gambar: www.mnn.com
in

Kebun Binatang Terbesar di Tiongkok Kenalkan Teknologi Virtual Reality Untuk Mudahkan Interaksi dengan Hewan

UGET UGET – Teknologi Virtual Reality telah banyak dijajal. Ada yang menggunakannya untuk menciptakan pengalaman menarik di bidang kuliner, gaming, berkeliling dunia, situs film dewasa, hingga pernikahan dengan anime. Namun kali ini, Guangzhou, sebuah kebun binatang terbesar di Tiongkok Selatan juga menjajal teknologi ini untuk melihat lebih dekat hewan-hewan.

Dilansir jawapos.com, pengunjung yang datang ke beberapa kandang di kebun binatang yang terletak di Provinsi Guangdong memiliki kesempatan untuk ‘berinteraksi’ dengan hewan melalui headset Virtual Reality dan telepon seluler mereka.

Orang dapat memindai Kode QR di ponsel mereka untuk membuat seekor binatang muncul di layar mereka. Mereka kemudian bisa belajar lebih banyak tentang hal itu dan bahkan mengendalikan gerakannya. Wah keren ya. Tapi ya namanya juga realitas maya, itu semua tidaklah nyata.

Jika pada kebun binatang sungguhan, normalnya pengunjung diberi jarak aman agar tidak bersentuhan langsung terutama dengan hewan buas, dengan teknologi ini pengunjung dapat sesuka hati menyentuhnya.

Namun di samping itu, penting untuk tetap melihat hewan sungguhan. Sebab dengan melihat secara langsung, kita bisa mempelajari apa yang tidak bisa direpresentasikan oleh teknologi VR.

Kasih sayang induk panda terhadap anaknya, atau kesetiakawanan sekumpulan monyet, kepintaran gajah untuk mencari makan dan mandi sendiri, dan sebagainya. Emosi dan ekspresi hewan semacam ini mungkin yang tidak bisa kita lihat di layar VR.

Tetapi perkembangan implementasi teknologi VR tetap harus didukung. Bahkan Kepala Kebun Binatang, Liang Fengyun menyebut ini sebagai upaya pengenalan teknologi baru. Sehingga dia melihat ini sebagai langkah maju dari kebun binatang terbesar Guangzhou ini. Saya juga sepakat dengannya. Saya rasa ini tidak masalah untuk dijadikan sebagai sarana edukasi.

Ada kalanya beberapa orang takut untuk menyentuh binatang. Atau ada pula hewan yang mungkin sedang tidak ingin dipertunjukkan. Selain itu, teknologi VR ini juga bisa menambah wahana seru di kebun binatang itu sendiri. Dengan begitu, atraksi yang mungkin membahayakan dan membuat binatang tersiksa semakin bisa diminimalkan. Sebab dengan teknologi ini, orang bisa mengendalikan sendiri gerakan hewan, juga mengenal anatomi tubuh hewan lebih dekat.

Sumber gambar: www.mnn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Fenomena Pelatih Pindah Klub dan Ajak Pemain Andalan Pindah Juga

Fenomena Pelatih Pindah Klub dan Ajak Pemain Andalan Pindah Juga

Para Ilmuwan Ingin Selamatkan Kepunahan Pohon Coklat dengan Teknik CRISPR

Para Ilmuwan Ingin Selamatkan Kepunahan Pohon Coklat dengan Teknik CRISPR