Kebiasaan Kecil Guna Mempererat Hubungan Orang Tua Dengan Anak
Sumber gambar: miota.org
in

Kebiasaan Kecil Guna Mempererat Hubungan Orang Tua Dengan Anak

UGETUGET | Seperti halnya dengan hubungan apapun, hubungan antara orang tua dengan anak dapat diperkuat dengan beberapa kebiasaan kecil yang dapat kita sisipkan dalam kegiatan sehari-hari seperti berikut ini:

Bermain Bersama

Salah satu cara terbaik untuk menjalin ikatan dengan anak-anak adalah dengan bersenang-senang bersama. Menemaninya bermain permainan kesukaannya, pergi keluar untuk bersepeda, atau hanya sekadar berjalan-jalan sore di sekitar rumah.

Anda juga bisa mengajaknya menonton film dan mengajaknya berdiskusi tentang film itu. Sambil bermain Anda dapat mengajarinya tentang menerima kemenangan dan kekalahan dengan bijaksana.

Makan Bersama

makan ceria keluarga
Sumber gambar: clarin.com | Makan bersama keluarga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terbiasa makan bersama dengan anak-anak akan memberi dampak positif pada perkembangan kesehatan, kondisi emosional, dan mental anak-anak.

Bahka, hal ini juga berdampak pada peningkatan perilaku dan kinerja akademik yang lebih baik.

Meminta Bantuan Anak

Anak-anak sangat suka membantu. Ketika Anda meminta bantuan atau memberinya suatu tugas dan tanggung jawab, anak akan akan merasa dianggap keberadaannya.

Mereka akan merasa dihargai dan lebih percaya diri. Beri mereka pujian, dan berikan penjelasan yang baik ketika mereka melakukan kesalahan.

Selain membuat Anda lebih dekat dengan anak-anak, hal ini juga akan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan suka membantu orang lain.

Curhat

ajak anak curhat
Sumber gambar: syamilstore.com | Ajak anak curhat.

Hal ini bisa Anda lakukan pada saat makan bersama atau sebelum tidur, anda dapat bercerita tentang kegiatan anda pada hari itu pada anak. Bertanya pada mereka apa yang dilakukannya hari ini, bagaiman perasaanya hari ini.

Sepulang sekolah, Anda juga bisa bertanya pada mereka tentang sekolahnya hari itu. Kebiasaan ini akan membuat anak Anda terbuka, sehingga komunikasi tidak akan menjadi masalah bagi hubungan Anda dan anak.

Dengan berbagi sesuatu Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai mereka, dan merasa dekat dengan mereka.

Selain itu, Anda juga akan memperkuat ikatan Anda dengan menunjukkan bahwa mereka penting bagi Anda.

Menghormati Anak

Perlakukan anak Anda seperti bagaimana Anda ingin diperlakukan. Mereka mungkin kadang menjengkelkan dan berbuat kesalahan, tapi ini bukan alasan untuk berlaku buruk terhadap mereka. Beri mereka penjelasan tentang kesalahan mereka dengan tenang.

Membentak, berteriak, atau memberi hukuman fisik pada mereka justru akan merusak kualitas hubungan Anda dengan anak Anda.

Selain itu biasakan untuk mengucapkan “Tolong” dan “Terima Kasih” pada anak Anda, hal ini akan memberi contoh yang baik pada mereka untuk saling menghargai.

bisikan rasa sayang
Sumber gambar: libmagz.com

Ungkapkan Rasa Sayang Anda

Lakukan hal-hal kecil yang dapat menunjukan rasa sayang terhadap mereka. Beri perhatian pada saat mereka berbicara, beri semangat saat mereka akan memulai hari mereka, dan katakan betapa mereka sangat berarti bagi anda.

Anda juga dapat menunjukan rasa sayang dengan kontak fisik, seperti memberinya ciuman sebelum tidur, dan memeluknya setiap hari.

Terbiasa menunjukan rasa sayang akan sangat membantu dalam hubungan antara Anda dan anak-anak. Mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang penyayang, dan hubungan Anda dan anak-anak Anda tidak akan merenggang.

Written by Budi

Sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Aktivitas-Aktivitas yang Memaksimalkan Performa Otak

Aktivitas-Aktivitas yang Memaksimalkan Performa Otak

Kenali Karakter Teman Bikin Kita Mudah Cari Teman Cerita

Kenali Karakter Teman Bikin Kita Mudah Cari Teman Cerita