Kebiasaan-kebiasaan yang Membuat Berpikir Dewasa, Wajib Tahu Nih...
Sumber gambar: toc.edu.my
in

Kebiasaan-kebiasaan yang Membuat Berpikir Dewasa, Wajib Tahu Nih…

UGETUGET | Banyak diksi yang digunakan untuk mendeskripsikan tentang dewasa, tetapi menurut saya sendiri dewasa ialah ketika memilih sikap dan tindakan yang membuat diri sendiri bahagia dan orang lain tidak pakewuh.

Ini merupakan sebuah sikap dan tindakan yang tidak langsung muncul seperti jerawat pada masa puber. Sikap dan tindakan sudah dipupuk sebelum sikap dan tindakan ada (iki yaopo maksudte? Pikiren dewe).

Di sini saya akan merefleksikan beberapa kebiasaan yang membuat kawan-kawan berpikir dewasa.

Ijen Tatak Alias Berani Sendiri

Ijen tatak artinya berani sendiri. Sendiri di sini maksudnya bukan berani jomblo, tetapi berani bertindak sendiri. Coba kawa-kawan tarik kembali ke masa kecil kawan-kawan.

Ketika selesai e’ek minta dibersihin dan ketika mandi minta dimandiin (ini gpp kalau sudah halal). Dari kebiasaan kecil kita harus sudah terbiasa cebok sendiri ketika muncul rasa malu saat memasuki jenjang  kelas 4 SD.

Rasa berani sendiri juga muncul ketika masuk SD dan mulai ditinggal pergi orang tua. Berbeda ketika masih TK, saat orang tua menghilang radius 5 meter saja sudah seperti kucing kehilangan induknya.

Masuk SMP sudah dibiasakan berangkat sekolah sendiri dan pulang sendiri, hingga jenjang kuliah.

Sampai kuliahpun kebiasaan ijen tatak ini juga sangat membantu ketika kawan-kawan menunggu dosen pembimbing di depan jurusan.

Kebiasaan ijen tatak ini juga mempengaruhi kapan usia yang tepat untuk kawan-kawan menikah, khususnya kaum pria. Karena kaum wanita menang untuk berkata iya atau tidak, sedangkan kaum pria menang untuk memilih (katanya gitu), dan sebagainya.

Membiasakan Membuat Rencana

membuat rencana
Sumber gambar: kesekolah.com

Manusia memiliki kelebihan dibandingkan dengan makhluk lainnya karena mempunya akal yang berada di otak. Jadi jangan anggurkan otak kawan-kawan hanya untuk membaca komik picisan atau sekadar nonton Drama Korea.

Kelebihan manusia juga memiki daya imajinasi dan harapan yang tinggi, dari kegiatan yang keliru terus diperbaiki berulang-ulang hingga seperti peradaban apa yang kita rasakan sekarang.

Kawan-kawan bisa membiasakan membuat rencan, minimal 2 rancangan. Sehingg ketika opsi A gagal kawan-kawan bisa memakai opsi B. Seperti ketika kawan-kawan berencana untuk menjadi PNS dengan mengikuti Seleksi CPNS kemarin akan tetapi kawan-kawan masih bekerja sebagai Copywritter.

Kawan-kawan jangan berhenti dari pekerjaan tapi kawan-kawan bisa mendaftar diam-diam. Ketika lolos administrasi barulah kawan-kawan bisa izin untuk tidak bekerja pada saat pelaksanaan test bila saat itu hari kerja. Kalau weekend sebaiknya kawan-kawan diam saja, karena memang strategi yang paling baik ketika keadaan senyap (opo seh!).

Terima kasih untuk kawan-kawan yang telah menyempatkan waktu beberapa menit untuk membaca tulisan yang membuat kawan-kawan terkenang masa lalu dan menatap masa depan.

Semoga dengan tulisan ini kawan-kawan menemukan titik terang agar mulai berpikir dewasa, walaupun tulisan ini sama sekali tidak dewasa. Selamat berpikir!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Posisi Unik Melahirkan Di Berbagai Negara

Posisi Unik Melahirkan Di Berbagai Negara

Contek Jawaban Para Seleb Saat Ditanya Kapan Nikah?

Contek Jawaban Para Seleb Saat Ditanya Kapan Nikah?