Keanekaragaman Gen Olivia Farnsworth, Anak Yang Alami Delesi Kromosom 6
Sumber gambar: www.dailyrecord.co.uk
in

Keanekaragaman Gen: Olivia Farnsworth, Anak Yang Alami Delesi Kromosom 6

UGET UGET – Keanekaragaman gen memang nyata. Manusia normal terlahir dengan 22 pasang kromosom homolog dan 2 pasang kromosom seks, yang totalnya ada 43 kromosom. Namun berbeda dengan yang dialami Olivia Farnsworth. Gadis tujuh tahun asal Inggris ini mengalami delesi kromosom 6. Hilangnya salah satu kromosom ini membuatnya tak pernah merasa sakit, lapar, atau pun lelah.

Olivia tak pernah merasa kesakitan kala terjatuh dan terluka. Seperti saat dia tertabrak mobil hingga tubuhnya terseret. Bahkan Olivia tak mengeluarkan air mata atau mengeluh sedikitpun. Dia juga pernah terjatuh sehingga bibirnya terluka. Itu pun tak membuatnya menangis.

Olivia pun seakan-akan tak pernah lelah. Saat usianya 9 bulan Olivia sering tidak tidur. Padahal siklus hidup bayi biasanya makan-tidur-nangis-makan-tidur ya. Saat Olivia berusia 7 tahun, dia juga sering tidak tidur selama tiga hari tiga malam. Melihat hal ini, terkadang ibunya, Niki Trepak memberinya obat tidur. Wah orang tua mana yang tidak panik ya, anak seusia itu bisa bertahan tidak tidur tanpa kopi.

Kondisi ini tergolong langka. Bahkan seperti dilansir akun wowfakta di Instagram, Olivia menjadi satu-satunya, the one and only in the world, manusia yang mengalami delesi kromosom 6. Tubuhnya nampak kurus dan berkacamata.

Dirinya mungkin tak merasa sulit karena merasa tak ada yang aneh dari dirinya. Tak merasa lapar, mengantuk, atau sakit malah membuatnya tumbuh menjadi manusia kuat dan bahagia. Tubuhnya merespon itu, tetapi dia tak bisa mengukur efek yang mungkin akan terjadi pada tubuhnya.

Padahal manusia diciptakan dengan batasan agar dirinya beristirahat. Manusia diciptakan dengan rasa ngantuk dan lelah, agar dia tak gila kerja. Manusia diciptakan dengan rasa lapar, agar organ tubuhnya dapat berjalan normal melalui nutrisi yang terkandung dalam makanan dan minuman.

Dalam kasus Olivia ini, orang tuanya jelas harus memperhatikan kesehatannya. Matanya juga perlu beristirahat sehingga lebih rileks, dan mungkin tak akan membuatnya menggunakan kaca mata.

Tak memunyai rasa lapar juga memengaruhi nafsu makan. Padahal kala lapar, makanan apapun terlihat enak dan kita bisa lahap memakannya. Namun, Olivia mungkin tidak akan makan kalau tak diingatkan bahwa manusia normal makan sewajarnya tiga kali sehari. Atau setidaknya ada asupan yang masuk ke tubuh untuk mengisi energinya kembali.

Olivia mungkin akan terkesan kuat dan tangguh, namun dirinya perlu mendapat perlakuan yang sama dengan anak pada umumnya. Orang tua juga harus peduli terhadap kondisi anak sedini mungkin.

Tak dipungkiri, orang tua berperan besar dalam tumbuh kembang anak. Maka orang tua perlu bersikap sigap apabila muncul tanda-tanda yang membuat anak terlihat berbeda dengan anak pada umumnya.

Sumber gambar: www.dailyrecord.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Olahraga Bareng Pasangan Jadi Cara Membuat Pacar Nyaman

Olahraga Bareng Pasangan Jadi Cara Membuat Pacar Nyaman

Hal-hal Unik yang Bikin Kangen Nonton Film Bollywood

Hal-hal Unik yang Bikin Kangen Nonton Film Bollywood