Kata Untuk Sahabat Kisah Pertemanan Dua Spesies uget uget
Sumber gambar: id.aliexpress.com
in

Kata Untuk Sahabat: Kisah Pertemanan Dua Spesies

UGETUGET – Di bumi ada banyak makhluk hidup selain manusia. Penelitian di tahun 2011 menyebutkan ada 8,7 juta spesies di planet ini. Mungkinkah kita memiliki kata untuk sahabat yang berbeda spesies dengan kita?

Meskipun jumlah pertumbuhan manusia sendiri sangat cepat. Dan hampir di tiap sudut planet bumi selalu dapat ditemukan manusia, tapi hal itu tidak memperkecil kemungkinan manusia untuk berkawan dengan spesies lain.

Kata untuk sahabat yang paling unik ditemukan pada spesies manusia dan primata.

Berdasarkan teori evolusi Charles Darwin, spesies primata merupakan spesies yang paling dekat dengan spesies manusia. Bahkan dikatakan bahwa manusia merupakan wujud evolusi dari spesies tersebut.

Tapi, dalam mitologi di Jawa, saya sudah mengenal berbagai tokoh atau karakter manusia kera dalam kisah pewayangan Ramayana. Seperti Hanoman, Sugriwa, Subali, dan Anggada. Dalam cerita Jawa, spesies manusia kera ini disebut dengan istilah wanara.

Itulah sebabnya di tanah Jawa ini banyak ditemukan fosil-fosil kuno manusia purba yang justru lebih mirip dengan kera. “Fosil yang disebut manusia purba sebenarnya ya fosil spesies para wanara itu,” pikir saya.

Sedangkan fosil untuk manusia Jawa sendiri sulit ditemukan karena pada zaman dulu mereka melakukan moksha.

Jadi, kisah pertemanan atau kata untuk sahabat antara manusia dank era memang sudah terjalin lama. Terutama sejak kisah Ramayana.

Di video ini ada seekor simpanse yang sedang menanti ajalnya. Bagaikan seseorang yang sudah tua dan renta, ia merasa kesepian dan ogah untuk minum ataupun makan. Mungkin saja ia sudah pasrah dengan keadaan sakaratul mautnya.

Tapi, saat kawan lamanya yang berasal dari spesies manusia datang, simpanse yang mempunyai usia 59 tahun ini sangat gembira dan bahagia. Ia pun menunjukkan ekspresi kegembiraannya dengan menjerit dan ingin memeluk sahabatnya.

Dari video ini saya tahu bahwa persahabatan ternyata tidak mengenal batas. Persahabatan tidak mengenal jenis spesies. Ketulusan hati serta perhatian yang tulus dapat menembus semua batasan tersebut. Sebuah kata untuk sahabat yang benar-benar langka di dunia ini.

Sumber gambar: id.aliexpress.com

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Apakah Kehidupan Alien Seperti Robot Transformer ? Ada Kemungkinan Iya

Apakah Kehidupan Alien Seperti Robot Transformer ? Ada Kemungkinan Iya

Video Sepak Bola Lucu Kiper Hadapi Penalti uget uget

Video Sepak Bola Lucu Kiper Hadapi Penalti