Kata-kata yang Tidak Seharusnya diucapkan Orang Tua Kepada si Kecil
Sumber gambar: kliniknutrisi.org
in

Kata-kata yang Tidak Seharusnya diucapkan Orang Tua Kepada si Kecil

UGET-UGET | Menjadi orang tua itu tidak mudah. Kita pun harus berhati-hati dengan perkataan kita, karena ada kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan oleh orang tua kepada putra atau putri kecilnya.

Anak-anak akan selalu melihat orang tuanya sebagai contoh dan panutannya. Ini berarti, sebagai orang tua kita harus menjaga sikap, perilaku, dan perkataan. Selain itu, sikap dan kata-kata yang kita tujukan kepada mereka bisa jadi akan berpengaruh besar dalam kehidupannya kelak. Jadi, pastikan keseluruhan dari hal-hal itu baik untuknya.

Kata-kata yang Tidak Seharusnya diucapkan Orang Tua Kepada si Kecil
Sumber gambar: kliniknutrisi.org

Berikut ini kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan oleh orang tua kepada buah hati kecilnya.

Berhenti menangis!

Bentakan kita yang berniat memintanya untuk berhenti menangis tidak akan benar-benar berhasil membuat mereka menghentikan tangisannya. Justru hal itu dapat meningkatkan emosi dan ketakutannya. Hal terbaik adalah menenangkannya, karena bagaimana si Kecil belum bisa mengatur emosinya.

Menangis hanyalah cara baginya untuk meluapkan emosi-emosi itu, dan hal terbaik yang harus dilakukan oleh orang tua adalah dengan menunjukkan secara sabar bahwa caranya meluapkan emosi dengan terus-terusan menangis itu tidaklah tepat. Bukan dengan bentakan untuk menyuruhnya diam.

Kamu tidak berguna

Siapapun orangnya, bahkan orang dewasa sekali pun, akan sangat sakit hati jika orang tua kita berkata seperti ini. Terlebih jika hal ini terjadi pada anak-anak. Mentalnya bisa jadi akan terguncang. Dia akan merasa tidak dihargai lagi keberadaannya, padahal orang tua adalah sandaran sekaligus pelindungnya saat ini.

Kamu membuatku gila!

Senakal apapun anak kita, tidak seharusnya kita membentaknya dengan kata-kata seperti ini. Anak kecil pasti tidak memiliki niatan untuk membuat orang tuanya gila atau stress, sekalipun mereka sangat menyebalkan. Orang tua memang manusia biasa yang wajar bila merasa kesal, tapi kita juga harus berhati-hati dalam mengungkapkan kekesalan itu.

Coba lihat anak manis ini

Sederhana, tapi ini merupakan salah satu kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan orang tua kepada anaknya. Dengan berkata, “Coba lihat anak manis ini”, secara tidak langsung kita membandingkan buah hati kita sendiri dengan anak lain dan secara implisit mengungkapkan bahwa anak lain itu lebih baik dari buah hati kita sendiri.

Hal itu mungkin saja akan membuatnya merasa sedih. Jadi, jangan sampai kita membandingkan si kecil dengan anak lain ya. Selalu dukung dia untuk menjadi yang terdepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

5 Persiapan Pernikahan Berikut Harus Benar-Benar Kamu Siapkan Sebelum Memutuskan untuk Menikah (5)

5 Persiapan Pernikahan Berikut Harus Benar-Benar Kamu Siapkan Sebelum Memutuskan untuk Menikah

Bocah SD Yang Ditilang Polisi Ini Kini Dinobatkan Menjadi Duta Sepeda

Bocah SD Yang Ditilang Polisi Ini Kini Dinobatkan Menjadi Duta Sepeda