Barbie Kenalkan Kasih Sayang Ibu Melalui Versi Barbie Hamil
Sumber gambar: id.aliexpress.com
in

Barbie Kenalkan Kasih Sayang Ibu Melalui Versi Barbie Hamil

UGET UGET – Boneka Barbie tampil beda dengan menampilkan kasih sayang ibu. Barbie menjadi mainan bagi banyak anak perempuan di dunia. Parasnya yang cantik, posturnya yang langsing tinggi semampai membuatnya banyak digemari dan dijadikan indikator wanita cantik zaman now. Namun, kali ini Barbie tampil beda. Mulai Kamis (4/1) kemarin, terpantau beberapa situs belanja online mulai memasarkan boneka Barbie yang tengah hamil.

Selama ini Barbie hanya diketahui menjalin asmara dengan pasangannya, Ken. Barbie hadir dengan kehidupannya sebagai wanita karier. Barbie juga berjasa besar mengenalkan berbagai profesi kepada anak. Profesi itu seperti balerina, pilot, dokter, atlet, dan sebagainya. Namun kini, Barbie mencoba menjadi seorang ibu.

Barbie ini mengenakan baju hamil dengan perutnya yang besar. Dilansir intisari.grid.id, bila perut itu dibuka, di dalamnya ada boneka kecil berwujud bayi dari plastik. Lucu deh bayinya. Rupanya, Barbie hamil ini ingin mengajarkan mengenai apa yang terjadi pada perut ibu yang sedang mengandung.

Di situs Amazon, boneka ini dijual seharga 2,48 poundsterling atau sekitar Rp 50 ribu. Biaya ini sudah termasuk ongkos kirim. Berbeda dengan itu, situs eBay menjual Barbie dalam paket berkeluarga, terdiri dari Ken, Barbie hamil, kereta bayi dengan dua anak: laki-laki dan perempuan, dan seorang boneka bayi yang bisa dikeluarkan dari perut. Di sini tampilan Ken dan Barbie terlihat jauh lebih ‘ndewasani’. Sepaket boneka itu dijual seharga 7,44 poundsterling atau Rp 150 ribu.

Menurut saya edukasi mengenai ibu hamil semacam ini sedikit mengerikan. Sebab pada kenyataannya ibu hamil tidak dengan mudah mengeluarkan bayinya kapanpun melalui perut. Saya rasa, gambaran ibu hamil kurang pantas untuk disuguhkan pada anak-anak. Apalagi perut ibu terlihat tidak lazim dengan lubang yang berisi bayi seperti itu.

Paket berkeluarga juga dirasa kurang menunjukkan fleksibilitas potret keluarga. Namun setidaknya paket ini sudah mampu menunjukkan keragaman jenis kelamin dalam sebuah keluarga. Mungkin perlahan, orang akan membuat inovasi paket keluarga yang jauh lebih majemuk, yang tidak melulu menyangkut satu warna kulit saja.

Selain itu, fungsi Barbie pada awalnya yang mengenalkan berbagai profesi, saya rasa jauh lebih tepat bagi anak, daripada produk Barbie hamil ini. Lagipula, belum saatnya anak dipaparkan anatomi tubuh ibu hamil. Maka dari itu, anak tetap harus diberi pengarahan saat memainkannya.

Namun meskipun begitu, ada pesan positif yang bisa kita ambil. Barbie hamil ini sejatinya ingin menunjukkan kodrat wanita untuk menjadi seorang Ibu dan mengandung anak. Ya meskipun definisi Ibu saat ini begitu luas. Tidak melulu wanita yang melahirkan anak dari rahimnya sendiri untuk dapat dikatakan sebagai ibu. Tetapi dengan produk Barbie ini, anak semakin dikenalkan dengan peran seorang Ibu.

Kodrat wanita berusaha ditegaskan di sini. Bahwasannya wanita tidak melulu mengurusi karier dan mencari uang. Tetapi wanita juga punya kewajiban untuk mengurus anak dan rumah tangga. Wanita dituntut untuk multitasking, mengerjakan beberapa hal sekaligus dengan imbang. Jadi, semua ada positif dan negatifnya. Apakah kalian para orang tua tertarik untuk memberikan mainan Barbie hamil ini pada anak?

Sumber gambar: id.aliexpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Para Ilmuwan Ingin Selamatkan Kepunahan Pohon Coklat dengan Teknik CRISPR

Para Ilmuwan Ingin Selamatkan Kepunahan Pohon Coklat dengan Teknik CRISPR

Cerita Lucu Bin Menjengkelkan Pengemudi Gojek Di Yogyakarta

Cerita Lucu Bin Menjengkelkan Pengemudi Gojek Di Yogyakarta