Karmila Purba, Joki Tong Setan Perempuan Pertama di Indonesia
Sumber gambar: news.okezone.com
in

Karmila Purba, Joki Tong Setan Perempuan Pertama di Indonesia

UGET UGET – Pasar malam selalu menarik untuk dikunjungi bersama teman, sahabat, pacar, maupun keluarga. Ada banyak wahana seru yang bisa kalian jajal di sana. Mulai dari wahana seru-seruan hingga wahana yang menantang adrenalin. Salah satunya tentu kamu pernah dengar mengenai tong setan.

Ada pula yang menyebutnya dengan tong stand atau roda gila, sebuah permainan di mana satu atau dua pengendara sepeda motor beratraksi pada lintasan melingkar dengan sudut kemiringan mencapai 90 derajat. Biasanya tong setan dimainkan oleh para laki-laki. Namun bagaimana jika itu dilakukan oleh perempuan?

Selama ini tong setan dikenal sebagai permainan yang menantang adrenalin. Bahkan dapat dikatakan sebagai bentuk olahraga yang menantang maut. Karenanya dibutuhkan keberanian dan nyali besar untuk melakukannya. Selama ini pekerjaan ini selalu dilakukan oleh laki-laki. Namun perempuan satu ini berhasil menjadi joki tong setan perempuan pertama di Indonesia.

Dia adalah Karmila Purba, gadis 20 tahun asal Pematang Siantar, kota Medan. Dilansir boombastis.com, Karmila biasa tampil di pasar malam Sumatra Utara. Bahkan dia sudah bergabung dalam komunitas penakluk jalanan Asap King Medan (AKM).

Karmila tak akan menjadi joki tong setan kalau saja orang tuanya punya cukup uang untuk menyekolahkannya minimal hingga tamat SMA. Sayangnya keadaan ekonomi keluarganya sedang tak mencukupi, hingga Karmila terpaksa putus sekolah sampai kelas 1 SMA.

Mungkin saja kalau Karmila berhasil mendapatkan ijazah SMA – dirinya akan mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi ke sekolah musik dan menjadi musisi besar – sesuai dengan impian besarnya. Namun kini nasib membawa Karmila pada pekerjaan yang menuntutnya untuk berani melakukan aksi bahaya, yakni tong setan.

Pekerjaan ini dipilihnya untuk mengembalikan kondisi keuangannya dan keluarganya yang terpuruk. Uang sebesar Rp 3-4 juta berhasil dikantonginya dari pekerjaan gila ini. Uang itu pun tak sepenuhnya untuk dirinya, melainkan orang tuanya di kampung rutin mendapat kiriman dari Karmila. Sungguh mulia hati gadis ini. Memang ya, di balik tekad yang kuat, selalu ada rezeki yang lancar mengalir.

Sebagai perempuan pertama yang menjadi joki tong setan, tentu Karmila menyorot banyak perhatian. Tak heran, banyak fans yang selalu menunggu-nunggu penampilan Marlina di lintasan maut itu. Popularitas Karmila sampai menarik perhatian seorang fotografer terkenal, Dedi Sinuhaji, kontributor fotografer European Pressphoto Agency (EPA). Kini, Karmila tak hanya terkenal dalam lingkup nasional, bahkan juga internasional lho.

Sekarang ini dengan adanya jargon kesetaraan gender, siapapun baik laki-laki maupun perempuan bebas melakoni pekerjaan tertentu. Karenanya mulai banyak pekerjaan yang mendukung pertukaran gender. Seperti suster, chef, SPG, tukang parkir, tukang ojek, dan lain sebagainya.

Memang butuh proses untuk sepenuhnya bisa mematahkan kemelekatan pekerjaan tertentu dengan jenis kelamin tertentu. Pekerjaan sebagai joki tong setan juga menjadi salah satu pekerjaan yang masih begitu terlihat tak lazim bila dilakukan oleh seorang perempuan.

Karenanya kemunculan Karmila ini menjadi sesuatu yang sangat baru bagi banyak orang. Sosoknya begitu menginspirasi keberanian dan ketangguhan seorang perempuan. Salut deh!

Sumber gambar: news.okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

I Hear Your Voice, Fantasi dalam Serial Drama Korea

I Hear Your Voice, Fantasi dalam Serial Drama Korea

Bridal Shower, Pesta Seru-Seruan Menyambut Pernikahan Mempelai Perempuan

Bridal Shower, Pesta Seru-Seruan Menyambut Pernikahan Mempelai Perempuan