Kapsul Sarco Tawarkan Bunuh Diri Tak Menyakitkan
Sumber gambar: news.idntimes.com
in

Kapsul Sarco Tawarkan Bunuh Diri Tak Menyakitkan

UGET UGET – Peti mati biasanya dibuat dari kayu dengan bentuk persegi panjang untuk menempatkan jenazah yang hendak dikebumikan. Meskipun sudah banyak peti mati dengan tampilan kustom yang unik dan beraneka ragam. Namun Kapsul Sarco ini tetap menjadi inovasi gila, mengingat fungsinya sebagai tempat bunuh diri sekaligus peti mati bagi mereka yang ingin mengakhiri hidupnya.

Kapsul Sarco dikembangkan oleh aktivis Euthanasia, Philip Nitschke dan seorang insinyur di Belanda. Mesin ini dicetak dalam bentuk 3D yang bisa digunakan di lokasi manapun. Untuk mereka yang dengan alasan tertentu layak untuk bunuh diri, mesin berbentuk peti mati ini mengizinkan siapa saja yang ingin mengakhiri hidupnya hanya dengan menekan sebuah tombol.

Seperti diketahui, mengutip dari wikipedia, euthanasia adalah praktik pencabutan kehidupan manusia atau hewan melalui cara yang dianggap tidak menimbulkan rasa sakit atau menimbulkan rasa sakit yang minimal.

Sebelumnya untuk dapat mengakses kapsul Sarco, siapapun harus mengisi kuesioner mental online yang akan menyediakan kode akses empat digit. Ketika seseorang berada dalam kapsul, dia bisa mengaktifkan mesin itu. Seketika nitrogen cair akan keluar dan menurunkan kadar oksigen. Ini dapat menyebabkan kematian hanya dalam beberapa menit saja.

Kapsul ini bisa dilepas dari mesin sehingga memiliki fungsi ganda; sebagai alat bunuh diri sekaligus peti mati. Sedangkan mesinnya bisa digunakan kembali untuk kapsul lain.

Dilansir lifenews, kriteria desain untuk kapsul Sarco akan dibuat sefleksibel mungkin, dibuat sistem terbuka (open source), dan ditempatkan di internet. Ini sejalan dengan pendapat Philip yang mengatakan bahwa dunia sekarang jauh lebih maju di mana orang dapat efektif mengakhiri hidupnya dengan cara damai dan tak menyakitkan.

Dalam beberapa kasus kematian bahagia ini dilakukan dengan suntik mati, untuk mengurangi penderitaan seseorang di masa hidupnya. Orang yang telah lama mengidap suatu penyakit dan tak kunjung sembuh, biasanya akan merasa putus asa. Euthanasia mungkin menjadi pilihan terbaik bagi mereka.

Atau saya juga pernah mendengar, apabila seseorang mengalami keadaan koma bertahun-tahun dan tak kunjung sadar. Pihak keluarga biasanya berada pada dua pilihan besar, untuk tetap menunggunya bangun atau pasrah dengan menyuntik matinya. Biasanya suntik mati dipilih dengan mempertimbangkan alasan keterbatasan biaya, atau keluarga sudah tak sanggup melihat penderitaannya.

Namun berbeda dengan kapsul Sarco, kapsul ini tidak memerlukan keahlian khusus seperti penyisipan jarum intravena. Pun, sebelum memasukinya orang harus mengisi kuesioner mental online. Artinya bunuh diri memang diinginkan dari dalam diri pribadi seseorang. Dengan begitu, kematian adalah pertanggungjawaban pribadinya.

Sumber gambar: news.idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Bin Bag, Tas Mirip Kantong Kresek Dengan Harga Fantastis

Bin Bag, Tas Mirip Kantong Kresek Dengan Harga Fantastis

Perilaku Orang yang Bikin Kesal Ketika Sedang Pakai Earphone

Perilaku Orang yang Bikin Kesal Ketika Sedang Pakai Earphone