Kapan Kunjungan Pertama Ke Dokter Untuk Kesehatan Gigi Si Kecil?
Sumber gambar: wgrane.pl
in

Kapan Kunjungan Pertama Ke Dokter Untuk Kesehatan Gigi Si Kecil?

UGETUGET | Kunjungan pertama untuk kesehatan gigi Si Kecil disarankan seusai gigi pertama muncul. Selambat-lambatnya sewaktu hari ulang tahun seusai gigi pertama muncul.

Kenapa cepat sekali?

Sebab setelah muncul gigi pertama, anak bisa berpotensi mendapatkan gigi berlubang loh, Mom. Perhatian pada kesehatan gigi anak sedini mungkin dapat membantu senyumannya tetap segar.

cek kesehatan gigi si kecil
Sumber gambar: ak4.picdn.net (Cek kesehatan gigi si kecil).

Persiapan untuk kunjungan pertama

Memberikan pemahaman pada Si Kecil tentang apa yang akan terjadi merupakan kegiatan demi kesehatan si buah hati. Ajak anak berlatih membuka mulut agar mempermudah dokter dalam menghitung dan memeriksa gigi.

Ayah dan Ibu disarankan mengisi formulir di rumah sebelum waktunya. Persiapkan diri agar anak Anda nyaman.

Buatlah daftar pertanyaan agar bisa berdiskusi dengan dokter. Misalkan soal menghisap jempol dan menggunakan dot terlalu sering, akankah mengganggu kesehatannya? Nah selanjutnya dokter akan memberikan saran.

dokter memeriksa si kecil
Sumber gambar: todaysparent.com (Dokter memeriksa si kecil).

Apa yang didapatkan dari kunjungan pertama

Dokter gigi akan memeriksa anak Anda untuk memastikan rahang dan giginya berkembang dengan cara yang seharusnya. Selama kunjungan, ada baiknya orang tua menemani Si Kecil duduk di kursi pemeriksaan. Sebab terkadang Si Kecil merasa takut.

Dokter biasanya akan memeriksa kesehatan mulut, gigi berlubang atau masalah lainnya. Setelah itu dokter akan membersihkan gigi dan memberi tips untuk perawatan sehari-hari.

Tips untuk kunjungan selanjutnya

Jangan jadwalkan saat tidur siang anak. Sebaiknya pilih waktu saat anak dirasa sudah beristirahat dengan cukup. Pastikan anak Anda sudah sikat gigi sebelum berangkat untuk mempermudah pemeriksan dokter terhadap mulut anak.

Simpan makanan sampai proses pemeriksaan selesai. Agar tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi selama proses pemeriksaan.

Berikan kesan kepada anak bahwa aktivitas ini sebagai pengalaman yang menyenangkan dan penting. Jika anak mendapatkan kesan menyebalkan selama kunjungan, hal tersebut bisa menganggu proses kesehatan giginya.

Jika anak marah sewaktu kunjungan atau pemeriksaan, bekerja samalah dengan dokter gigi untuk menenangkan anak.

senyum si kecil
Sumber gambar: parsd.net (Senyum Si Kecil).

Written by Budi

Sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengulas Sekilas Tentang E-Sports

Mengulas Sekilas Tentang E-Sports

Tiga Pemain yang Dikaitkan Dengan Keganasan Borussia Dortmund

Tiga Pemain yang Dikaitkan Dengan Keganasan Borussia Dortmund