Kampung KB Dusun Mertosanan Kulon Jadi Kendali Kelahiran Bayi
Sumber gambar: harian.analisadaily.com
in

Kampung KB Dusun Mertosanan Kulon Jadi Kendali Kelahiran Bayi

UGET UGET – Kampung KB (Keluarga Berencana) adalah salah satu program pemerintah Kabupaten Bantul yang bertujuan untuk mengendalikan jumlah penduduk dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mengingat jumlah pernikahan di wilayah Bantul cukup tinggi. Kemudian, jumlah kelahiran juga meningkat, sehingga program kampung KB ini diharapkan dapat mengatasi melonjaknya jumlah penduduk.

Semakin tinggi jumlah penduduk, semakin tinggi pula sebenarnya tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat. Jadi, kalau dipandang dari sudut pemerintah berat juga jika jumlah penduduknya banyak.

Pemerintah harus bertanggung jawab tentang pendidikan, kesehatan, dan pelayanan lainnya kepada masyarakat. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang baik harus mendukung program pemerintah yang satu ini.

Semakin ada kesinergian antara masyarakat dan pemerintah, semakin maju daerahnya.

Salah satu kampung yang ditunjuk oleh pemerintah Bantul untuk proyek kampung KB adalah Dusun Mertosanan Kulon, Desa Potorono, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.

Program kampung KB di dusun Mertosanan Kulon ini bersinergi dengan program Desa Potorono yang menjadikan setiap dusun untuk menghadirkan keunggulannya.

Dusun Mertosanan Kulon mencakup empat kampung, yaitu Kampung Mertosanan Kulon, Priyan, Kranginan, dan Genengan. Keempat kampung tersebut dikoordinir oleh 15 RT dengan jumlah populasi penduduk sekitar 3.000 jiwa.

“Program Kampung KB ini dibarengi juga dengan rencana pembangunan fisik, seperti pembangunan irigasi, lantainisasi, dan lain-lain, sehingga diharapkan semua kampung di Dusun Mertosanan Kulon tampak bersih dan sehat,” ujar Atik, Kepala Dukuh Mertosanan Kulon.

Kemudian, selain program KB, dusun Mertosanan Kulon juga mengembangkan potensi yang ada di dusun tersebut untuk mendukung program Desa Potorono sebagai Desa Wisata.

Ada empat potensi yang dapat dikembangkan Dusun Mertosanan Kulon, yaitu pertama, adanya pengrajin gamelan kelas dunia yang sudah diakui keindahan suaranya oleh empunya dalang di Indonesia.

Kedua, terdapat paguyuban seni karawitan yang diikuti baik kelompok orang tua maupun anak. Ketiga, terdapat 10 armada andhong wisata yang resmi terdaftar di Paguyuban Andong Jogja.

Keempat, keahlian ibu-ibu membuat jajanan pasar yang sudah berlangsung secara turun-temurun, mulai dari pengrajin emping, wajik, ampyang, dan lain-lain.

Melalui potensi tersebut, Kepala Dukuh Mertosanan Kulon melibatkan seluruh masyarakat terlibat dalam melaksanakan proyek kampung KB. Ke depannya, diharapkan Dusun Mertosanan Kulon dapat sejajar dengan dusun lainnya yang telah sukses melaksanakan proyek kampung KB.

Sumber gambar: harian.analisadaily.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Satu Kata Buat Pacar Yang Memiliki Hobi Sama Menyenangkan

Satu Kata Buat Pacar Yang Memiliki Hobi Sama: Menyenangkan

Tips dan Trik Berkendara Yang Aman Dilihat Dari Sisi Kecantikan

Tips dan Trik Berkendara Yang Aman Dilihat Dari Sisi Kecantikan