Kafir Nuansa Baru dari Film Horor Indonesia
Sumber gambar: www.namalonews.com
in

Kafir: Nuansa Baru dari Film Horor Indonesia

UGET-UGET | Kamu sudah bisa menyaksikan film Kafir hari ini di bioskop-bioskop. Dirilis kemarin (2/8), film ini diakui sebagai salah satu film horor termahal yang pernah diproduksi di Indonesia. Benarkah demikian?

Hal itu diungkapkan oleh produser film Kafir: Bersekutu dengan Setan, Chand Parwez, usai screening film di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/7). Menurutnya, sutradara film ini, Azhar Kinoi Lubis, banyak mengajukan lokasi-lokasi yang sulit dan semuanya di luar Jakarta dan dinilai mahal.

“Skenario Upi dan Rafiki presentasinya luar biasa membuat saya jatuh cinta,” ungkap produser Starvision ini seperti dilansir dari JawaPos.

Namun, ketika awak media mempertanyakan jumlah budget yang dihabiskannya, Chand menolak untuk menyebutkan. Alih-alih menjawab, Chand malah menambahkan bahwa pengisi original soundtrack (OST) film ini harus impor dari Malaysia.

Selain itu, untuk menegaskan dan membenarkan simpang siur kabar yang beredar di masyarakat, dalam kesempatan itu, sutradara Azhar Kino Lubis membantah jika film ini merupakan remake dari film Kafir sebelumnya yang diproduksi pada tahun 2002. Dirinya menegaskan, film ini hanya mengambil benang merah yang sama dengan perombakan total di dalamnya.

Kafir Nuansa Baru dari Film Horor Indonesia
Sumber gambar: www.namalonews.com

“Awalnya pak Parwez bilang mau remake film Kafir 2002. Terus saya bilang, saya males remake. Saya bilang, saya mau nulis horror baru tapi tetap pakai benang merah film Kafir 2002. Ya sudah,” jelasnya.

Sinopsis Film

Cerita dimulai dengan Sri (Putri Ayunda) yang kehilangan suaminya. Dirinya tidak menyangka bakal ditinggal untuk selamanya oleh suami yang berusia muda. Hal ini menjadikan kondisi mental Sri menurun dan susah diajak berkomunikasi oleh orang lain.

Melihat kondisi kesehatan ibunya yang semakin menurun, menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Dina (Nadya Arina). Sementara itu, Andi (Rangga Azof), anak tertua Sri, ingin menjadikan kehidupan keluarganya lebih bahagia.

Jika merasa senang, Andy sering menyanyikan lagi “Mawar Berduri” untuk kekasihnya. Tanpa dia tahu, ternyata lagu itu memilii nilai dan makna tersendiri bagi Sri. Ada pengalaman dari Sri berkaitan dengan lagu itu yang menjadikannya trauma.

Akibat trauma itu, yang sering berdampak pada tingkah liar dan iguan tidak jelas dari Sri, menjadikan keluarga khawatir dan curiga akan gangguan setan. Dan dari tingkah laku aneh Sri itu pula menjadi titik awal film masuk ke wilayah konfliknya.

Horor tanpa hantu

Secara garis besar, film Kafir bisa disebut berbeda dari film-film horor pada umumnya. Jika kita sudah maklum menyaksikan kecekatan tukang rias dalam setiap produksi hantu di film horor Indonesia, maka jangan harap kamu bisa menemukannya di film ini. Tak ada hantu yang ditunjukkan, pun makhluk gaib atau astral dalam bahasa kekinian, yang meramaikan layar dan suasana.

Seperti ingin mengulang dan menguji keampuhan formula lama, film horor garapan Kinoi Lubis berhasil membangun drama dan suasana. Suara petir menggelegar, lampu temaram, pemilihan scoring dan latar suara dengan tingkat intensi naik dan turun yang ekstrem, menjadikan film ini berhasil menggetarkan dada Anda. Berhasil membawa saya, sebagai penonton yang sibuk mencermati setiap detil di layar lebar, untuk duduk diam dan larut dalam ketakutan.

Lalu bagaimana kesan Anda? Mungkin akan lebih asyik jika Anda berkenan membagi pengalaman menonton film ini di kolom komentar.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Menilik The Minions, Ganda Putra Andalan Indonesia di Asian Games

Menilik The Minions, Ganda Putra Andalan Indonesia di Asian Games

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main HP, Tips Ibu di Jepang Ini Bisa Ditiru

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main HP, Tips Ibu di Jepang Ini Bisa Ditiru