Jujur Dalam Hal Keuangan, Kunci Penting Hubungan Rumah Tangga Yang Harmonis
Sumber gambar: www.pandasecurity.com
in

Jujur Dalam Hal Keuangan, Kunci Penting Hubungan Rumah Tangga Yang Harmonis

UGET UGET – Sebuah hubungan rumah tangga memerlukan keterbukaan satu sama lain. Apalagi dalam hal keuangan yang sifatnya sangat sensitif. Banyak pasangan bercerai karena faktor yang satu ini. Maka dari itu, ini menjadi permasalahan serius dalam berkeluarga. Lalu apa yang harus masing-masing pasangan lakukan?

Jujurlah kepada pasangan mengenai keadaan ekonomi kalian bersama. Termasuk berapa besar pendapatan, pengeluaran, hingga anggaran bulanan kalian. Ini penting untuk akhirnya kalian dapat saling mengatur keuangan keluarga. Sehingga ini bisa menjadi landasan bagi kalian untuk mengatur skala prioritas bersama.

Tidak perlu malu untuk mengakui seberapa besar pendapatan kalian. Termasuk saat ternyata pendapatan istri jauh lebih besar. Atau besar tunjangan yang diterima semakin menurun jumlahnya. Realitas ini harus kalian hadapi bersama, bukan malah kalian sembunyikan.

Kalau perlu buatlah perhitungan bersama anggaran rumah tangga. Tulislah ke mana saja uang kalian akan mengalir. Berfleksilah dari pengeluaran rumah tangga kalian bulan lalu. Sehingga untuk bulan-bulan berikutnya, kalian bisa jauh lebih pintar mendahulukan kebutuhan daripada keinginan.

Masalah seperti ini meski kesannya sepele, tetapi justru menjadi tanda bahwa kalian saling mencintai. Keterbukaan juga membuat sepasang suami istri bisa saling koordinasi dalam hal keuangan. Sebab terkadang kantong kering juga bisa mengganggu keharmonisan keluarga lho.

Keterbukaan di sini artinya, tidak ada yang disembunyikan dan bersikap transparan terkait masalah ekonomi. Ini juga akan menghindarkan kalian dari percekcokan kecil. Bahkan cekcok kecil bisa berujung parah, apabila kalian tidak saling mencoba menemukan solusinya.

Ketika keuangan mengharuskan kalian untuk berhemat ya katakan saja. Kalau pengeluaran kalian sedang melonjak, tegurlah dengan lembut pasanganmu untuk mengerem hasrat belanjanya. Bicarakan rencana dan target masa depan kalian. Sehingga hubungan kalian pun akan jauh dari krisis ekonomi.

Terkait dengan keuangan, kalian juga bisa merencanakan masa depan dengan menabung. Tentukan jumlah besaran tabungan. Menabung bersama juga bisa meningkatkan gairah dalam berkeluarga lho. Ada kewajiban, rasa tanggung jawab, dan saling memiliki di sana. Hubungan kalian pun akan semakin terbangun kuat.

Nah mulai sekarang, jujurlah akan kondisi keuangan keluarga kalian.

Sumber gambar: www.pandasecurity.com

https://www.youtube.com/watch?v=CIVUyCNlfEI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cepat Sembuh Real Madrid Tidak Ada Alasan untuk Terpuruk

Cepat Sembuh Real Madrid, Tidak Ada Alasan untuk Terpuruk

Bangga dan Cinta Indonesia Negara Ini Terlalu Indah untuk Ditinggalkan

Bangga dan Cinta Indonesia: Negara Ini Terlalu Indah untuk Ditinggalkan