Jomblo Bisa Jadi Salah Satu Sebab Kamu Malas Kerjakan Skripsi
Sumber gambar: anekaduniablog.wordpress.com
in

Jomblo Bisa Jadi Salah Satu Sebab Kamu Malas Kerjakan Skripsi

UGET UGET – Skripsi memang penuh dengan lika-liku. Kamu harus terus menunjukkan progress jika ingin selesai dalam waktu cepat. Namun ada kalanya revisi dari dosen, kesalahan data, cara berpikir yang melenceng, membuat semangatmu menurun. Selain penghambat itu, status jomblomu juga bisa menjadi penyebab kamu malas kerjakan skripsi.

Mengerjakan skripsi itu susah-susah gampang. Kamu harus telaten dan semangatmu tidak boleh kendur. Skripsi itu bukan pekerjaan yang semalam kerja bisa selesai. Melainkan ada tahap demi tahap yang harus kamu lalui.

Ada bab demi bab yang harus kamu kerjaan dengan alur yang benar. Data diperoleh secara empirik, baik itu melalui wawancara, observasi, maupun studi dokumentasi. Sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan. Karenanya penting untuk mengkondisikan moodmu agar tetap stabil dalam mengerjakannya.

Kamu harus memiliki daya juang yang tinggi. Tidak boleh ada yang namanya putus asa. Apalagi sampai berhenti di tengah jalan. Sekalinya kamu menyerah, pasti akan berpengaruh ke depannya. Akhirnya kamu hanya mengulur waktu kelulusanmu.

Untuk apa pula sih lama-lama mengerjakan skripsi? Karenanya, kamu perlu memotivasi dirimu terus menerus. Namun ada kalanya dirimu sendiri sedang tidak bisa diajak kompromi. Kalau begini, mau mengandalkan diri sendiri pun sulit. Ketika pikiran dan hatimu sedang tidak sinkron, ini bisa membuatmu sulit berkonsentrasi. Karenanya kamu butuh orang lain.

Malas mengerjakan skripsi memang sudah menjadi persoalan klasik mahasiswa zaman dulu hingga zaman now. Nah, ketika permasalahan itu menyerangmu, kamu butuh sosok penyemangat. Salah satunya dari pacar terkasihmu.

Namun bagi kamu yang jomblo, terkadang ini dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. “Malas ah nggak ada yang semangatin.” “Lulus cepat juga percuma, ntar ditanyain kapan nikah.” Pemikiran itu mungkin sering kali menjadi momok terbesar mahasiswa malas untuk menyicil skripsinya.

Apalagi saat kamu ditinggal pacarmu saat kamu sedang mengerjakan proses skripsimu. Aduh hati mana yang tak kacau. Yang tadinya begitu semangat, langsung hilang selera. Namun di samping menangisi kesendirianmu, coba deh ingat orang tuamu.

Lagi pula semangat tidak harus datang dari pacar kan? Kamu masih punya penyemangat lain, yakni orang tuamu. Coba ingat kembali perjuangan mereka menguliahkanmu. Lihatlah kembali bagaimana menyenangkannya melihat mereka tertawa. Mereka itu hanya ingin melihatmu sukses dan mandiri kok.

Namun meskipun begitu, kamu tidak bisa mengandalkan orang lain untuk terus menyemangatimu. Melainkan kamu harus berjuang sendiri untuk kesuksesanmu. Teruslah kejar impianmu. Keluarlah dari zona nyaman. Jatuh bangun mengerjakan skripsi itu wajar kok. Semangat!

Sumber gambar: anekaduniablog.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Jangan Takut Sendiri untuk Melangkah di Dunia Baru

Jangan Takut Sendiri untuk Melangkah di Dunia Baru

Terlalu Sering Minta Bantuan Bikin Masa Pendekatan (PDKT) Gagal

Terlalu Sering Minta Bantuan Bikin Masa Pendekatan (PDKT) Gagal