Johann Gottlieb Fichte, Si Pelopor Idealisme
Sumber gambar: berliner-zeitung.de
in

Johann Gottlieb Fichte, Si Pelopor Idealisme

UGETUGETJohann Gottlieb Fichte adalah seorang filsuf Jerman yang turut menjadi pelopor dalam mengembangkan mazhab idealisme. Yakni, mazhab yang memainkan peran penting setelah era Kant.

Ia dilahirkan di Saxony pada tahun 1762. Ayahnya adalah seorang penyamak kulit di sebuah desa kecil. Kemampuan intelektualnya yang luar biasa mulai tampak sejak umur 9 tahun. Dari kepintarannya itu ia menarik perhatian seorang saudagar gula setempat yang kemudian bersedia membiayai pendidikannya.

Pertama-tama Fichte masuk ke Sekolah Pforta. Lalu pada tahun 1780, ia belajar teologi di Universitas Jena dan Leipzig. Sayangnya, karena si penyumbang dana meninggal dunia, Fichte akhirnya terpaksa meninggalkan studinya.

Johann Gottlieb Fichte dari Samping
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Ia kemudian mencari nafkah dengan jadi guru privat pada beberapa orang kaya. Dari sinilah, Fichte lalu mengenal filsafat Kant yang kelak amat mempengaruhi pemikiran-pemikirannya.

Fichte mengawali filsafatnya dengan kesadaran atau keyakinan subjek terhadap dirinya sendiri. Pengetahuan tentang segala sesuatu berawal dari kegiatan berpikir subjek yang merefleksikan dirinya sendiri.

Johann Gottlieb Fichte
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Apabila manusia mengamati dirinya sendiri, maka secara sadar, ia akan melihat adanya gagasan-gagasan yang muncul dengan sendirinya. Sistem dari gagasan-gagasan itu disebut pengalaman.

Menurut Fichte, hanya ada dua unsur dalam pengalaman manusia, yakni benda dan inteligensi (dalam bahasa Jerman dinamakan Ding und Intelligenz).

Benda atau objek adalah sasaran pengetahuan, sedangkan inteligensi adalah daya yang memungkinkan subjek mengarahkan diri kepada objek. Ya tentunya untuk mengenali dan menanggapi objek.

Patut disayangkan, Fichte meninggal pada 29 Januari 1814 karena tertular infeksi dari istrinya yang bekerja sebagai perawat selama Perang Pembebasan.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Komedo, Murah Kok

Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Komedo, Murah Kok

Resolusi Gawai, Harapan untuk Dua Ribu Sembilan Belas

Resolusi Gawai, Harapan untuk Dua Ribu Sembilan Belas