Jogja Volkswagen Festival Pertemukan Para Pecintanya uget uget
Sumber gambar: trampt.com
in

Jogja Volkswagen Festival Pertemukan Para Pecintanya

UGET UGET – Di Yogyakarta, kita mengenal komunitas Volkswagen Club Yogyakarta (VSCY) yang di dalamnya tergabung para pecinta dan kolektor mobil unik nan antik tersebut. Mereka akan menyemarakkan pariwisata melalui Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2017 pada 17-19 November besok di Jogja Expo Center (JEC).

Kesan antik begitu menempel pada mobil jenis volkswagen (VW). Inilah yang membuat mobil produksi Jerman, dan beberapa pabrikan Brazil dan Meksiko ini masih diminati oleh sekitar 200an masyarakat Yogyakarta dan lebih dari 5000 orang di seluruh Indonesia.

Sebanyak 2000 orang Indonesia akan membawa VW-nya dalam ajang tersebut. Ajang dua tahunan ini memang menjadi salah satu event otomotif bergengsi loh. Buktinya, belasan negara akan datang ke sini, mulai dari Thailand, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Timor Leste, Australia, Belanda, Jepang, Belgia, Amerika, dan Inggris.

Dari 2000 mobil, hanya 120 mobil yang akan dipamerkan besok baik yang masih orisinal maupun kustom, dari keluaran tertua tahun 1967. VW tersebut diantaranya tipe kodok/beetle, combi biasa maupun combi klasik dakota, safari/camat, karmann ghia, dan varian/station wagon.

Mobil yang akan dipamerkan merupakan hasil seleksi ketat, dilihat dari sisi unik, langka, dan prestasinya. Mulai dari mobil yang pernah mengikuti kejuaraan, mobil koleksi langka, mobil berkelas/premium, bahkan katanya akan ada VW dari Malaysia yang telah menjelajah sampai ke Jerman. Nantinya dalam ajang ini mobil-mobil VW juga akan diikutkan kontes yang dinilai dari segi orisinalitas dan kemenarikan kustomnya.

Mobil VW yang diproduksi sebelum tahun 1985 memang dikenal sebagai mobil berpendingin (air cool). Fungsi radiator ini penting untuk menjaga agar suhu mesin tetap stabil. Meskipun tergolong tua, emisi yang dikeluarkan mobil ini pun terbilang ramah lingkungan. Menurut Sumartoyo, ketua VSCY, penggunaan bahan bakar bensin membuatnya sedikit mengeluarkan asap.

Sparepart mobil VW pun bisa terus direstorasi. Bahan sparepart selalu diperbarui terus dan mudah mendapatkannya. Di Indonesia kita bisa mendapatkannya dengan mudah di toko onderdil yang tersebar baik di Yogyakarta, Indonesia, maupun bisa via online dari distributor sparepart di Jerman, Inggris, dan Amerika. Sehingga, mobil VW ini dapat diwariskan dari generasi ke generasi.

VW yang biasanya bergaya klasik seringkali diidentikkan dengan harganya yang mahal. Padahal rentang harganya dapat dikatakan beragam, mulai dari 50-750jt. VW tersedia mulai dari harga murah hingga harga hobi. Nah untuk harga Karmann Ghia ini harganya tergolong fantastis berkisar antara 1/2 – 1 M. Mobil VW jenis ini tampil dengan gaya sport yang katanya menjadi idaman di kalangan para pecinta VW loh.

Perawatan mobil VW pun terbilang mudah. Kata Sumartoyo, terpenting adalah rajin mengganti oli dan memperhatikan perawatan kabel agar tidak mudah terbakar karena saling bersinggungan. Pajak mobil dengan kisaran 1300-1600 cc ini pun tergolong rendah berkisar Rp300-500 ribu saja. Kecuali untuk mobil Karmann Ghia dan New Beetle yang mungkin masuk pajak barang mewah ya.

Melalui acara ini, komunitas VSCY ingin menggaungkan kreasi anak muda Indonesia, sesuai tagline-nya. From Jogja to The World. Wah sudah tidak sabar melihat bentuk-bentuk mobil VW, terutama yang kustom. Gelaran ini sudah dipandang dunia loh, bahkan pada ajang sebelumnya Yogyakarta menyabet gelar The Largest Indoor VW Festival dilansir media otomotif. Ajang ini seakan-akan menjadi lebarannya orang VW se-Asia.

Bila menyebut VW, mungkin yang langsung terbesit dalam pikiran kita adalah mobil kodok. Melalui ajang ini nampaknya citra kuno yang melekat pada mobil VW terpatahkan. Terbukti, mobil VW masih diminati dengan tampilannya yang eye catching, tidak kalah dengan mobil zaman sekarang.

Sumber gambar: trampt.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Komik Line Webtoon My Prewedding dan Pasutri Gaje Bikin Baper Pembaca uget uget

Komik Line Webtoon My Prewedding dan Pasutri Gaje Bikin Baper Pembaca

Tips Dan Trik Nggak Terjebak Friendzone, Ini Yang Bisa Kamu Lakukan uget uget

Tips Dan Trik Nggak Terjebak Friendzone, Ini Yang Bisa Kamu Lakukan