Jenis Burung Baru Dari Nusa Tenggara Timur Diberi Nama Unik
Sumber gambar: nationalgeographic.co.id
in

Jenis Burung Baru Dari Nusa Tenggara Timur Diberi Nama Unik

UGET UGET – Pulau Rote Nusa Tenggara Timur memang mempunyai alam yang indah. Beragam satwa hidup di sini. Salah satunya adalah jenis burung baru yang berhasil diidentifikasi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Biologi, yang diberi nama Myzomela irianawidodoae.

Sekilas, nama burung ini sangat mirip dengan nama Ibu Negara saat ini. Ternyata memang betul bahwa nama ilmiah burung tersebut diambil dari nama istri Presiden Joko Widodo, Iriana.

Namanya diabadikan sebagai nama ilmiah jenis burung endemik. Hal ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

Ternyata, pemberian nama ilmiah yang diambil dari nama beliau bukan tanpa sebab. Melansir dari koran-jakarta.com, pemberian nama ilmiah tersebut dimaksudkan sebagai wujud apresiasi atau ungkapan penghargaan kepada Ibu Iriana Joko Widodo yang sangat mempedulikan kehidupan dan ekosistem burung.

Rasa peduli kepada satwa, khususnya burung mungkin terjadi karena Bapak Joko Widodo merupakan seorang insinyur lulusan fakultas kehutanan. Sehingga wajar jika saat pedekate, topik yang sering dibicarakan tidak jauh-jauh dari flora dan fauna.

Selain itu, anak pertama dari Noto Mihardjo dan Sudjiatmi ini juga memiliki kakek yang pernah menjadi guru dan mengajar di Irian Jaya, Papua. Dari kakeknyalah nama Iriana tersebut didapatkan. Jadi, kepedulian terhadap lingkungan juga turut dipupuk oleh sang kakek.

Burung yang bernama ilmiah Myzomela irianawidodoae ini merupakan jenis burung yang suka tinggal di pohon, semak-semak, dan hutan. Untuk menemukan burung ini tidaklah terlalu sulit. Sebab, burung ini sering terlihat memakan nektar pohon-pohon di wilayah perkampungan.

Menurut LIPI, karena burung asal Nusa Tenggara Timur ini mengonsumsi nektar, maka ia memiliki potensi sebagai hewan yang membantu proses penyerbukan. Tapi peran dan fungsi ini perlu dibuktikan lebih lanjut dengan observasi, riset, dan penelitian yang lebih mendalam.

Kita sebagai bangsa Indonesia tentu saja bangga dengan keanekaragaman hewani yang ada di negeri ini. Tentunya, kita juga harus berterima kasih kepada peneliti LIPI, Dewi M. Prawiradilaga dan timnya, karena di tahun 2017 telah mempublikasikan jenis burung baru Myzomela dari Nusa Tenggara Timur di jurnal ilmial Treubia edisi Desember 2017.

Sumber gambar: nationalgeographic.co.id

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Ada Kelas Pelatihan Tidur Kesehatan Lho di Tempat Kebugaran David Lloyd Clubs

Ada Kelas Pelatihan Tidur Kesehatan Lho di Tempat Kebugaran David Lloyd Clubs

Romantic Tunes #4 Nostalgia Bareng Sheila On 7

Romantic Tunes #4: Nostalgia Bareng Sheila On 7