Skrin

Jendela Rumah Kita: Serial yang Kamu Harus Tahu

UGETUGET — Wajar kalau kamu yang berusia sekitar 20-an tahun tidak kenal Jendela Rumah Kita. Film serial ini memang lahir pada tahun 1988 dan hanya ditayangkan di TVRI.

Pada zaman itu, tidak ada yang namanya sinetron yang tayang setiap hari seperti sekarang. Serial Jendela Rumah Kita ini lebih mirip seperti FTV tetapi memiliki alur cerita yang runtut. Kalau FTV ‘kan sekali tayang langsung tamat.

Sebenarnya, film Jendela Rumah Kita ini dulu disebutnya seperti film cerita. Film ini tayang hampir pukul 23:00 WIB. Waktu itu saya masih kecil, sekitar umur 3 tahun, tetapi saya masih ingat film cerita ini menjadi primadona dan selalu ditunggu-tunggu oleh semua anggota keluarga saya. Meskipun pada saat itu saya tidak melihat langsung, tetapi saya masih sayup-sayup ingat ketika orang membicarakan cerita film ini pagi harinya.

Karakter yang saya ingat adalah Jojon yang diperankan oleh Deddy Yusuf. Waktu itu beliau masih sangat muda dan dikenal memiliki keahlian bela diri, alau tidak salah tinju atau Muay thai. Jadi, karakter Jojon ini adalah seorang pemuda yang berani mengungkapkan pendapat dan idealismenya. Itu kalau tidak salah, maklum waktu itu saya masih kecil.

Alur cerita Jendela Rumah Kita

Film serial Jendela Rumah Kita ini mengungkap kejadian sehari-hari yang mencerminkan budaya masyarakat waktu itu. Beda sekali dengan tayangan sinetron milenial masa kini yang lebih bercerita tentang harta dan saling benci.

Jendela Rumah Kita menjadi tayangan yang ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat khususnya di wilayah Yogyakarta. Saya tidak tahu apakah film ini juga tampil secara nasional karena saya menonton siarannya di TVRI Stasiun Yogyakarta.

Cerita film ini sungguh sederhana tetapi memiliki makna yang mendalam. Dan itu adalah satu-satunya hiburan bagi masyarakat waktu itu.

Selain Laporan Khusus dan Dunia Dalam Berita, tentunya.

Tidak bisa dipungkiri, waktu itu memang acara Dunia Dalam Berita selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat termasuk saya dan keluarga. Walaupun televisi kami masih hitam putih dan menggunakan antena sederhana, tetapi acara Dunia Dalam Berita ini selalu menjadi tontonan wajib sebelum tidur. Padahal hanya berita. Zaman sekarang kebanyakan orang tidak peduli dengan berita, tapi lebih menyukai film action atau sinetron.

Terlebih lagi sekarang ada sinetron India yang tayangnya tidak karuan. Hampir 24 jam selalu ada tayangan sinetron India. Siapa lagi kalau bukan ANTV dalangnya.

Tampilan video di bawah ini mungkin tidak berarti apa-apa, tetapi bagi kami yang lahir atau generasi 90-an pasti ingat dengan acara Jendela Rumah Kita. Simak video di bawah ini:

Sumber gambar: Brilio.net

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi