Jatuh Cinta Hingga Love Sick Sama Bahayanya Dengan Narkoba
Sumber gambar: www.vebma.com
in

Jatuh Cinta Hingga Love Sick Sama Bahayanya Dengan Narkoba

UGET UGET – Ya, lirik lagu Jatuh Cinta milik Titiek Puspa ini persis menggambarkan perasaan orang yang sedang dimabuk asmara.

“Jatuh cinta berjuta rasanya
Biar siang biar malam terbayang wajahnya
Jatuh cinta berjuta indahnya
Biar hitam biar putih manislah nampaknya
Dia jauh aku cemas tapi hati rindu
Dia dekat aku senang tapi salah tingkah
Dia aktif aku pura-pura jual mahal
Dia diam aku cari perhatian oh repotnya….”

Jatuh cinta memang berjuta rasanya. Jantung berdebar, pipi merona, hingga sering senyum-senyum sendiri membayangkan si doi. Tapi kalau tanda-tanda ini sudah berubah menjadi hal-hal yang tidak wajar, kamu wajib mewaspadai rasa cintamu itu sudah berubah menjadi sesuatu yang tak masuk akal dan mengerikan alias lovesick.

Mengutip dari detik.com, David Sack, MD, dari Elemen Behavioral Health menjelaskan bahwa lovesick merupakan reaksi kimia di otak yang sebenarnya sangat mirip dengan reaksi otak terhadap narkoba. Otak digenangi oleh serotonin, dopamin dan norepinephrine yang mana masing-masing memicu respons emosional dan fisiologis yang kuat. Campuran bahan kimia ini mempengaruhi emosional, mental dan fisik seseorang yang mengalaminya. Kalau begitu, efeknya sama bahayanya dengan narkoba dong. Jadi, jangan remehkan lovesick ya guys.

Dilansir She Knows, orang yang berada di bawah pengaruh lovesick akan mengalami perubahan di antaranya seperti obsesi yang makin menjadi, terus menerus membayangkan pujaan hati hingga mengganggu produktivitas di tempat kerja, juga dipenuhi euforia bahkan sampai bisa membuat kakinya gemetar saat melihat si doi.

Parahnya lagi, lovesick bisa menimbulkan rasa cemas yang berkepanjangan karena takut mendapatkan penolakan. Saking tidak ingin kehilangan doi, dia rela melakukan apapun agar tetap bersama. Takut kalau nantinya tidak bisa lagi bersama karena tak mendapat restu. Juga takut kalau doi akan mencampakkanmu setelah melihat yang jauh lebih darimu.

Kebiasaan lain yang menjadi pertanda lovesick, kamu tidak bisa menguasai diri sendiri untuk fokus pada apa yang harus dikerjakan. Kamu akan begitu mengusahakan diri untuk bertemu dengan orang yang kamu sukai sesering mungkin.

Waktumu habis hanya untuk bersamanya. Seakan-akan kamu sudah ketergantungan berat dengannya. Waktu produktifmu untuk berkomunitas, mengerjakan tugas, bermain bersama teman, hingga belajar rela kamu korbankan hanya untuk bersenang-senang dengannya. Bahkan meskipun aktivitasnya bukanlah bidang kesukaanmu, kamu rela memelajarinya untuk bisa dekat dengannya.

Intinya, lovesick ini adalah keadaan di mana rasa cintamu sudah masuk tidak lagi masuk di akal. Untuk ditinggal berhubungan jarak jauh sebentar saja, hatimu serasa hancur dan ingin menangis. Cinta itu memang buta, tetapi jangan sampai menutup akal sehatmu ya. Setelah mengenali ciri-ciri tersebut, apa kamu salah satu diantaranya? Lalu bagaimana mengatasinya?

Terpenting cobalah untuk tidak menganggapnya sebagai satu-satunya sumber kebahagiaanmu. Tenangkan dan buka pikiranmu, bahwa ada banyak orang di sekelilingmu yang menyayangimu dengan tulus. Cobalah untuk memiliki cinta yang mandiri dan dewasa. Saat ini fokus dan kejarlah masa depanmu dulu. Jangan sampai pacar justru menghambatmu menggapai cita-cita. Saya yakin, doi akan bersabar menunggumu kalau memang cinta.

Kamu juga bisa menenangkan diri dengan mengikuti kelas yoga. Ini akan membuatmu dapat berefleksi dan berpikir lebih realistis. Jangan pula terlalu memfokuskan diri untuk stalking media sosialnya. Kalau memang doi punya perasaan yang serius denganmu, doi tidak akan menanggapi orang lain selain dirimu. Dalam berurusan dengan cinta, hargailah diri dan waktumu sendiri terlebih dulu.

Sumber gambar: www.vebma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Pria No-Smoker Cenderung Lebih Pintar Mengatur Keuangan

Pria No-Smoker Cenderung Lebih Pintar Mengatur Keuangan

Hal-Hal yang Bisa Membuat Kata Persahabatan Rusak

Hal-Hal yang Bisa Membuat Kata Persahabatan Rusak