Jaringan 5G Yang Lebih Wus Wus Wus Daripada 4G
Sumber gambar: tecnonews.info
in

Jaringan 5G Yang Lebih Wus Wus Wus Daripada 4G

UGETUGETPerkembangan teknologi semakin maju, tidak dapat ditampik juga dalam sisi jaringan komunikasi dan internet.

Teknologi 5G Siap Digunakan
Sumber gambar: tekno.tempo.co (Teknologi 5G siap digunakan).

Contohnya, akhir-akhir ini ramai kabar mengenai jaringan telekomunikasi generasi ke 5 atau lebih akrab disebut jaringan 5G.

Dilansir dari okezone.com, “teknologi itu menjamin kapasitas transfer data 10 kali lipat daripada jaringan 4G,” ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Akan tetapi, di awal kemunculannya kelak, teknologi jaringan 4G dan 5G akan digabung menjadi satu. Dengan kata lain, saling bersatu-padu. Ada perbedaan yang signifikan antara 4G dan 5G.

Apabila 4G menawarkan cakupan, maka 5G memberikan manfaat di sisi daya tampung dan ruang transfer data yang besar sekali.

Oiya, jaringan 5G tak sekedar sebagai telekomunikasi dan internet. Teknologi jaringan itu, membuka peluang-peluang untuk dimanfaatkan bagi segala aspek layanan umum.

Tahun ini saja sudah ada uji coba 5G ketika bersamaan dengan gelaran Asian Games. Tentu saja, ini untuk menyemarakkan pesta olahraga se-Asia itu. Sekaligus upaya mendukung penyelenggaraan event tersebut.

Rudiantara yang menjabat sebagai Menkominfo, pada bulan Juli, menyatakan bahwa selain akses internet kilat dan gratis di Stadion Utama Gelora Bung Karno, juga diadakan trial teknologi ini, dengan memakai kendaraan, berupa mobil tanpa awak.

“Satu mobil yang dapat melaju sendiri tanpa manusia yang mengendarai dan satu lagi aplikasi pertandingan yang akan digunakan di lapangan Badminton dan Bola Basket,” lanjut beliau.

Tidak berhenti di situ saja, menurut Noor uji coba ini pun segera diadakan kajian testimoni dan user experience (pengalaman pengguna) oleh Balitbang Kemkominfo.

Wired mengungkapkan, jikalau jaringan 5G pada hakikatnya meneruskan apa yang diciptakan oleh jaringan 4G LTE. Lebih tepatnya layanan 5G memaksimalkan kecepatan transfer data lewat jaringan.

Sejak tahun 2012 inisiatif 5G sudah bisa terlihat, International Telecommunications Union (ITU) menyelenggarakan event ‘International Mobile System beyond 2020’.

Disebutkan juga pada tahun itu pemerintah Inggris merintis 5 pusat penelitian di Universitas Surrey. Hal ini bertujuan untuk menjajal kecepatan layanan 5G.

Sementara itu pada tahun 2015, pemerintah China, Jepang, dan Korea Selatan menginvestasikan sebesar USD 3-4 miliar demi mencoba jaringan 5G di negara-negara itu.

Menantikan Kehadiran Generasi Kelima Jaringan di Indonesia
Sumber gambar: tecnonews.info (Menantikan Kehadiran Generasi Kelima Jaringan di Indonesia).

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tiga Pemain yang Dikaitkan Dengan Keganasan Borussia Dortmund

Tiga Pemain yang Dikaitkan Dengan Keganasan Borussia Dortmund

Wanita Karir Adalah Wanita Yang Sangat Luar Biasa

Wanita Karir Adalah Wanita yang Sangat Luar Biasa