Jangan Terlalu Percaya Diri Overconfident Itu Nggak Baik
Sumber gambar: binsbox.com
in

Jangan Terlalu Percaya Diri: Overconfident Itu Nggak Baik

UGET UGET – Percaya diri? Perlu. Memang perlu. Jika tidak, kita akan menjadi orang yang lemah secara mental. Rendah diri dan akan selalu terbayang dengan kegagalan dan keburukan. Namun, jangan terlalu percaya diri.

Terlalu percaya diri juga tidak baik. Makanya, yang sedang-sedang saja. Punya kepercayaan diri tetapi jangan berlebihan. Bisa bahaya. Hidup kita juga perlu untuk waspada.

Jika terlalu percaya diri, kita seolah merasa sangat nyaman dengan keadaan. Dalam hal mencapai tujuan, overconfident bisa membuat kita merasa besar dan merasa hal lainnya akan mudah ditaklukkan. Alhasil, usaha kita jadi tidak maksimal. “Ah, segini saja paling sudah berhasil. Kecil.” Begitulah akhirnya kita menyepelekan.

Percaya diri memang perlu untuk membuat kita lebih semangat. Namun jangan berlebihan. Memikirkan kemungkinan terburuk juga perlu untuk membuat kita waspada. Untuk membuat kita menyiapkan opsi lain. Setidaknya agar kita tidak terlalu terluka seandainya saja kita gagal mendapatkan apa yang kita inginkan.

Hal ini bukan berarti menyiutkan mental dan membuat kita berpikir negatif. Ini hanya salah satu cara agar kita mau dan mampu berjuang secara maksimal. Terlalu percaya diri dan merasa sangat kuat bisa menjadi bumerang dan menghadirkan penyesalan yang nyata jika saja kita gagal mencapainya. Lagi pula, bukankah kita harus selalu berjuang secara maksimal untuk segala hal yang kita inginkan?

Percaya diri memang sangat perlu, talu jangan terlalu. Jika tidak ingin hal itu justru menghancurkanmu. Jaga kepercayaan dirimu sewajarnya saja. Biarkan ia membuatmu kuat, bukan justru membuatmu merasa tinggi dan enggan berjuang lagi.

Orang yang terlalu percaya diri akan dianggap tidak baik juga. Tidak jarang yang mengaitkannya dengan kesombongan. Dekat pula dengan sikap menyepelekan. Jangan biarkan kita seperti itu. Butuhkan kepercayaan diri itu secukupnya saja. Jika kita ingin dilemahkan olehnya.

Apapun itu, sudah selayaknya kita berjuang secara maksimal dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. Jangan menyepelekan sesuatu. Percaya bahwa kita mampu mencapai itu, tetapi jangan sampai kepercayaan itu membuat kita berjuang semaunya sendiri.

Sumber gambar: binsbox.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Antonio Conte Tidak Mau Disalahkan Tetapi Juga Jangan Disalahkan

Antonio Conte Tidak Mau Disalahkan Tetapi Juga Jangan Disalahkan

Bergabung Dalam Komunitas Online, Solusi Ampuh Atasi Kesepian

Bergabung Dalam Komunitas Online, Solusi Ampuh Atasi Kesepian