Jangan Sepelekan Si Kecil Ikan Teri Lezat dan Bermanfaat
Sumber gambar: www.masakandapurku.com
in

Jangan Sepelekan Si Kecil Ikan Teri, Lezat dan Bermanfaat

UGET UGET – Tahu ikan teri? Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti mengenalnya. Mungkin sebagian orang sering berkata “cuma ikan teri”. Seolah ia makanan murahan yang tidak layak untuk disantap. Memang sih, ikan teri bisa jadi kalah pamor dengan ikan-ikan lainnya. Sebut saja nila, gurame, bawal, tongkol dan lain sebagainya. Tapi jangan salah, ikan yang satu ini punya cara tersendiri untuk tetap eksis di kalangan masyarakat.

Uniknya, hampir semua bagian tubuh teri ini kita makan. Maklum saja, dari ujung kepala sampai buntut biasanya tidak ada sisa. Bahkan durinya saja tidak dibuang. Jarang-jarang ada orang yang makan teri kepalanya dibuang, atau mungkin durinya disisihkan. Apalagi kalau terinya kecil sekali seperti “teri nasi” yang juara itu.

Ukurannya yang kecil-kecil dan harganya yang bisa dibilang cukup murah mungkin membuat orang-orang beranggapan teri makanan murahan. Tapi sepertinya mindset itu harus segera diubah, karena si kecil yang murah meriah ini nyatanya punya cita rasa yang lezat dan juga bermanfaat.

Kita mulai membicara soal rasa lezatnya. Ikan teri bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Mulai dari hanya dijadikan campuran, sampai dipakai sebagai bahan dasarnya. Ingat sambal teri? Kuliner ini memang sederhana, tapi jangan salah, rasanya bisa bikin ketagihan.

Banyak orang yang sudah mengkreasikan olahan ikan teri. Ada yang dibuat pepes ikan teri sampai  teri krispi juga ada. Tapi jangan sampai keliru memilih jenis terinya ya, karena teri itu banyak macamnya. Ada yang kering dan ada yang basah juga. Kalau untuk pepes dan teri krispi sih biasanya yang teri basah ya, girls. Dan boleh banget kita coba berkreasi olahan baru berbahan si kecil teri yang enak itu.

Kalau soal manfaat, dengar-dengar ikan teri ini mengandung banyak zat-zat yang berkasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan vitamin E dan mineran selenium yang terkandung dalam ikan teri dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Membuat kulit lebih halus tentunya.

Ada juga manfaat lain seperti membantu menjaga kesehatan jantung akibat kandungan lemak tak jenuh di dalam ikan tersebut. Bahkan zat besi di dalam ikan tersebut juga dinilai mampu mencegah penyakit anemia. Keren kan? Kecil-kecil, murah, lezat dan bermanfaat.

Sumber gambar: www.masakandapurku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Lagu Hits Jaran Goyang Versi Real Madrid dan Barcelona

Lagu Hits Jaran Goyang Versi Real Madrid dan Barcelona

Sampah Visual (Bukan Visual Arts) Fenomena The Tragedy of Commons

Sampah Visual (Bukan Visual Arts): Fenomena The Tragedy of Commons