Jangan Sepelekan Sakit Perut, Kamu Harus Segera Berobat
Sumber gambar: illustorium.com
in

Jangan Sepelekan Sakit Perut, Kamu Harus Segera Berobat

UGETUGETSeperti dengan judulnya, artikel ini ditulis untuk mengajak dan menghimbau kamu untuk tidak malas berobat ketika kamu merasakan sakit perut. Ya, sakit perut nampaknya menjadi hal biasa. Banyak orang yang menganggapnya remeh, sehingga dibiarkan begitu saja dan tidak diobati. Padahal kita tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam perut kita.

Dilansir dari sebuah hellosehat, sakit perut merupakan jenis nyeri yang terjadi di daerah perut. Rasa sakit ini bisa berasal dari otot perut, organ-organ dalam perut, atau organ dekat perut. Selain itu, infeksi atau kerusakan organ juga dapat menyebabkan nyeri dan sakit perut.

Sakit perut nampaknya menjadi penyakit biasa seperti sakit pusing yang nantinya bisa sembuh sendiri. Banyak orang yang menganggap sakit perut itu bukanlah sakit yang membahayakan. Maka tak heran apabila banyak orang yang menyepelekan kondisi sakit ini.

Jangan Sepelekan Sakit Perut, Kamu Harus Segera Berobat
Sumber gambar: milissehat.web.id

Untuk wanita, nampaknya sakit perut bulanan juga sudah menjadi biasa. Apalagi di saat PMS atau ketika awal-awal haid. Pasti tiap wanita sudah sangat biasa untuk merasakan betapa nyerinya perut ketika masa-masa ini. Untuk beraktivitas rasanya sangat sakit.

Langkah pertama ketika mengalami hal ini adalah istirahat sejenak. Istirahat yang dimaksud adalah tiduran. Ya, nampaknya tiduran menjadi obat mujarab bagi wanita ketika merasakan nyeri perut akibat PMS. Rebahan sekaligus mengolesi minyak angin di sekitar area perut juga menjadi langkah pertama untuk mengatasinya. Apabila masih merasakan nyeri hingga berhari-hari, kamu harus segera mengobatinya. Karena bisa jadi itu memang masalah dengan haid atau penyakit lainnya.

Jangan Sepelekan Sakit Perut, Kamu Harus Segera Berobat
Sumber gambar: tech-ph.co.jp

Tidak hanya gejala nyeri PMS, penyebab sakit perut yang umumnya terjadi pada orang-orang adalah sembelit. Penyakit sembelit merupakan penyakit atau kondisi di saat sulit buang air besar atau tidak buang air besar selama beberapa waktu, kurang lebih tiga hari berturut-turut.

Kondisi ini bisa terjadi ketika kamu kurang serat dan minum. Ketika kamu sering makan yang kering-kering ditambah kurang asupan minum, kamu bisa terkena penyakit sembelit ini. Untuk mengatasinya, kamu harus perbaiki pola makanmu dengan makanan yang sehat.

Coba rutin untuk mengonsumi buah dan sayuran. Kamu dapat mengonsumsi pisang dan pepaya agar bisa memacu untuk mengeluarkan kotoran. Sayuran yang berkuah juga dapat mengatasi sembelit. Selain itu minum air putih yang banyak juga penting agar kamu bisa segera buang air besar.

Jangan Sepelekan Sakit Perut, Kamu Harus Segera Berobat
Sumber gambar:  ameblo.jp/markshirotani
Sumber gambar: illustorium.com

Penyebab umum lainnya dari sakit perut adalah diare. Ya, penyakit diare ini dapat menyerang siapa saja. Anak kecil dan orang dewasa pun juga bisa terkena penyakit ini. Berbeda dengan penyakit sembelit yang sulit untuk buang air besar, penyakit diare justru kondisi dimana seseorang buang air besar secara terus menerus dengan kondisi tinja yang berair dan encer.

Buang air besar ini dapat terjadi berkali-kali. Mulai dari 3 sampai 5 kali dalam sehari, ada juga hingga mencapai 8 sampai 10 kali. Mengapa bisa sebanyak itu? Ya, karena setiap membuang kotoran itu hanya membutuhkan waktu yang sangat sebentar. Mungkin sekitar 5 menit. Hal ini terjadi karena kotoran yang dikeluarkan berbentuk encer. Namun, beberapa waktu kemudian sekitar 10 sampai 15 menit kemudian akan merasakan sakit perut lagi, perut terasa mules, dan ingin buang air besar lagi.

Penyebab diare banyak macamnya. Seperti infeksi perut, adanya virus di dalam perut, makan terlalu pedas, hingga keracunan makanan.

Sakit diare ini menyebabkan seseorang sangat lemas karena harus mengeluarkan kotoran berkali-kali. Cairan di dalam tubuh pun berkurang. Untuk mengatasi hal ini harus minum banyak air untuk mengembalikan stamina tubuh. Selain itu juga istirahat yang cukup agar tidak cepat lemas. Namun, untuk penanganan lebih lanjut harus segera periksa ke dokter agar tahu sebenarnya apa yang terjadi di dalam perut.

Mulai sekarang jangan sepelekan sakit perut lagi ya. Nggak mau kan sakit parah hanya karena malas periksa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Beginilah Netizen, Lagu Berisi Kritik Sosial Malah Dijadikan Meme

Beginilah Netizen, Lagu Berisi Kritik Sosial Malah Dijadikan Meme

Kakeibo, Cara Menghemat Uang dari Jepang

Kakeibo, Cara Menghemat Uang dari Jepang