Jangan Larut dalam Kesedihan Ketika Kamu Ditinggal Sidang Skripsi Oleh Temanmu
Sumber gambar: id.gofreedownload.net
in

Jangan Larut dalam Kesedihan Ketika Kamu Ditinggal Sidang Skripsi Oleh Temanmu

UGETUGETSelain mengerjakan skripsi, cobaan yang akan dihadapi oleh mahasiswa semester akhir adalah sidang skripsi. Sidang ini merupakan proses dimana kamu mempresentasikan hasil penelitianmu di depan dosen pembimbing, dosen penguji, serta audience yang datang.

Ibarat seperti ujian nasional, sidang skripsi pun juga menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa. Pada proses ini kamu harus mempresentasikan hasil penelitianmu secara baik dan jelas, serta para dosen akan memberikan pertanyaan seputar skripsimu.

Tentunya hal ini bikin deg-degan. Ada perasaan takut kalau tidak bisa jawab, takut kalau grogi sehingga menyebabkan presentasi kurang maksimal, dan lain sebagainya.

Berbicara soal sidang skripsi tidak melulu soal momok yang menyeramkan. Kalau kita mampu berpikir positif, proses ujian tersebut akan berjalan secara menyenangkan.

Apakah saat ini kamu sedang menunggu waktu untuk sidang skripsi? Atau justru kamu sudah ditinggal temanmu duluan untuk sidang skripsi? Tenang, kamu jangan larut dalam kesedihan ketika ditinggal temanmu ujian duluan.

Hal ini juga baru saja saya alami. Baru saja teman saya sudah melaksanakan sidang skripsinya. Ia menjadi mahasiswa nomor satu di angkatan saya (angkatan 2014) yang melaksanakan sidang skripsi pertama kali.

Jujur, awalnya saya sangat kaget. Wah hebat juga bisa skripsian cepet. Saya pikir, selama ini semua teman-teman saya pada santai saja mengerjakan skripsinya. Eh nggak tahunya banyak yang sudah mau selesai.

Tidak bisa saya hindari perasaan sedih ini ketika teman saya sudah ujian. Sedih karena meratapi skripsi saya yang belum kelar, namun saya juga turut senang atas kelulusan teman saya.

Saya benar-benar meratapi skripsi saya yang seakan terbengkalai. Sudah berjalan 5 bulan sejak awal tahun 2018 kemarin, sampai sekarang proposal belum kelar, masih banyak revisi. Tidak perlu saya jabarkan mengapa sampai sekarang proposal juga belum kelar. Saya yakin tiap mahasiswa tingkat akhir punya masalahnya sendiri.

Jangan Larut dalam Kesedihan Ketika Kamu Ditinggal Sidang Skripsi Oleh Temanmu
Sumber gambar: id.gofreedownload.net

Ketika saya datang di acara sidang skripsi teman, saya merasakan sangat deg-degan. Banyak pertanyaan yang diberikan oleh para dosen dan itu sangat menguji kita. Menguji mental serta menguji kemampuan akademik apakah kita sudah benar-benar memahami skripsi tersebut.

Dari proses ujian yang sudah dilaksanakan teman saya, saya benar-benar belajar dari pengalaman tersebut. Semuanya harus dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang. Harus siap dengan pertanyaan dosen yang mungkin bikin kita bingung. Mental pun perlu disiapkan agar tidak grogi selama presentasi.

Meskipun awalnya saya sedih karena sudah ditinggal ujian duluan, namun dengan begitu saya mampu bersemangat lagi untuk fokus mengerjakan skripsi lagi. Saya jadi mampu membuat rencana apa yang sebaiknya saya lakukan agar skripsi ini bisa cepat kelar.

Intinya, di balik semua itu apabila kita mampu membuka pikiran secara lebar dan terbuka, kita mampu berpikir positif dan dapat menggairahkan semangat lagi untuk skripsian. Tidak peduli dengan sulitnya bertemu dengan dosen pembimbing, mulai sekarang saya pun merencanakan hal-hal yang bisa saya lakukan untuk nyicil skripsi.

Mungkin dengan memperbaiki proposal, menambahkan kajian teori yang masih kurang, mencoba menganalisis data berdasarkan teorinya, dan tindakan lainnya yang bisa saya lakukan untuk mengejar skripsi ini agar cepat kelar.

Maka, untuk kamu yang sudah ditinggal ujian skripsi oleh teman nggak perlu larut dalam kesedihan. Jadikan hal tersebut sebagai pacuanmu agar lebih bersemangat lagi dalam mengerjakan skripsi.

Ingatlah, skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai dikerjakan. Tidak peduli kamu selesai tepat waktu atau dalam waktu yang terlambat, yang penting kamu mampu menyelesaikan skripsi tersebut. Semangat ya! Tuhan bersama mahasiswa tingkat akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Inilah Pelayan Manusia di Masa Depan: Otomat Sally

Inilah Pelayan Manusia di Masa Depan: Otomat Sally

6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Pacar Ketika Doi Main ke Rumah

6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Pacar Ketika Doi Main ke Rumah