sapuangin jalur downhill
in

Jalur Sepeda Downhill Mana Yang Terbaik di Yogyakarta?

UGETUGET — Sekarang ini olahraga sepeda downhill semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, Hal ini ditandai dengan banyaknya event di jalur sepeda downhill mulai dari kelas amatir sampai dengan kelas profesional atau atlet.

Kemudian juga mulai banyak dibukanya jalur sepeda downhill yang baru. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk kembali bersepeda juga sangat tinggi.

Khususnya di daerah Yogyakarta, olahraga sepeda downhill sangat digemari mulai dari usia remaja sampai dengan usia di atas 40 tahun. Penggemarnya bukan hanya dari kalangan laki-laki saja, melainkan juga banyak dari kaum hawa yang mencoba sepeda downhill.

Seperti yang kita ketahui, olahraga sepeda downhill adalah olahraga yang mengandung risiko kecelakaan tinggi karena olahraga ini menyusuri medan terjal dan ekstrem. Sehingga, risiko seseorang terjatuh cukup tinggi. Di samping itu pula dibutuhkan kemampuan dan kekuatan untuk mengendalikan sepeda.

olaharaga sepeda downhill

Meskipun banyak bahaya di dalamnya, tetapi penggemar olahraga yang memacu adrenalin ini semakin hari semakin banyak. Sehingga, beberapa orang penggagas olahraga downhill di Yogyakarta memutuskan untuk mencari jalur sepeda downhill yang baru.

Kebanyakan jalur sepeda downhill berada di lereng Gunung Merapi. Daerah ini adalah surga bagi pesepeda downhill: pemandangannya indah, treknya sangat luas, udaranya sejuk dan ketinggiannya bikin merinding. Cocok sekali bagi pesepeda ekstrem. Untuk itu, di sana banyak dibuat trek-trek baru dengan berbagai macam tikungan yang mengasyikkan.

Tentu saja ini tidak bisa dilakukan sendiri. Ada peran masyarakat sekitar untuk menyukseskan pembuatan jalur baru bagi sepeda downhill. Masyarakat lokal dibantu oleh beberapa komunitas sepeda downhill di Yogyakarta dan Klaten membuat track downhill yang aman sekaligus menantang.

Tidak mudah untuk membuat trek semacam ini. Dibutuhkan keahlian khusus dan rasanya hanya pesepda tulen yang tahu cara membuatnya.

Jalur Sepeda Downhill Bukit Klangon

jalur sepeda downhill klangon

Tempat ini adalah jalur sepeda downhill favorit yang sudah sejak dulu menjadi jalur utama. Klangon seperti taman bermain bagi para pesepeda. Di sana dibuat jalur-jalur yang memudahkan untuk dilalui dengan sepeda, Meskipun begitu, ada juga orang yang menaiki Bukit Klangon dengan menggunakan motor trail dan merusak jalur sepeda yang sudah payah dibuat oleh masyarakat sekitar.

Bukit Klangon terletak di daerah perbatasan antara Yogyakarta dan Klaten, dan ketinggiannya mencapai 800 meter di atas permukaan laut, bahkan lebih. Jarak dari kota Jogja sekitar 30 km. Setelah turun di pemberhentian awal, untuk mencapai start, pesepeda harus menyusuri jalanan setapak di perbukitan sembari menuntun sepedanya. Karena posisinya di atas pegunungan, maka dibutuhkan pengaturan napas agar tidak mudah lelah.

Tetapi, jika tidak ingin menuntun sepeda, kamu bisa menggunakan jasa porter untuk membawa sepedamu. Tarifnya sekitar Rp15.000,- sampai dengan Rp20.000,-. Sedangkan untuk memasuki kawasan Bukit Klangon ini, kamu perlu membayar retribusi sebesar Rp6.000,- dan 1 buah sepeda Rp6.000,- juga.

Jalur Sepeda Downhill Sapu Angin

sapuangin jalur downhill

Mungkin jika kamu bertanya di mana letak Sapu Angin, maka kamu tidak akan mendapatkan jawabannya. Orang awam yang tidak pernah bersepeda downhill tidak pernah mendengar kata Sapu Angin. Letak bukit Sapu Angin ini di sebelah timur Bukit Klangon, tetapi untuk mencapainya dibutuhkan tenaga mobil yang sangat kuat karena posisi Bukit Sapu Angin ini sangatlah tinggi. Panjang jalur sepeda downhill Sapu Angin lebih panjang daripada Klangon.

Sapu Angin juga terletak di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Kalau di Klaten, Sapu Angin dikenal dengan nama Deles Indah. Menurut saya, jalur Sapu Angin lebih bagus daripada jalur downhill Klangon, treknya sangat panjang dan untuk menyusurinya dibutuhkan skill yang mumpuni.

Jalur Sepeda Downhill Kalitalang

kalitalang jalur downhill

Kali Talang adalah jalur sepeda downhill terbaru yang terletak di dekat Klangon. Sebelum mencapai titik start, ada sebuah taman unik yang dibuat oleh penduduk sekitar. Taman ini digunakan para wisatawan untuk menghirup udara segar sekaligus melihat pemandangan Merapi yang elok.

Setelah melewati taman itu, kamu harus menuntun sepeda sejauh 1 km ke atas. Setelah itu kamu baru mencapai titik start.

Menurut saya, jalur Kali Talang tidak terlalu bagus, bahkan lebih bagus Klangon. Meskipun begitu, beberapa hari ke depan akan diadakan event sepeda downhill di Kali Talang. Mungkin ini untuk mempromosikan jalur baru ini kepada masyarakat luas.

Jalur Sepeda Downhill Puncak Gebang Bike Park

puncak gebang bike park

Puncak Gebang terletak di daerah Bawuran, Bantul, Yogyakarta. Jalur ini sengaja dibuat oleh para pesepeda yang berada di daerah Bantul dan Yogyakarta, tentu saja dibantu oleh penduduk sekitar. Di sini tempatnya sangat ramai karena lokasinya yang dekat dan tidak perlu menggunakan mobil. Cukup Gowes dari rumah untuk mencapai puncak Gebang.

Jalur downhill di sana berbahaya dibandingkan jalur yang berada di bukit-bukit di lereng Merapi, tetapi karena lokasinya yang dekat dengan rumah, maka Puncak Gebang dijadikan sebagai tempat latihan bersama. Kemarin juga ada event test drive sepeda Polygon yang diadakan di Puncak Gebang.

Tempat ini memang lagi hits. Untuk berfoto selfie, tempat ini juga bersaing dengan tempat-tempat lainnya karena bisa melihat matahari tenggelam meskipun tidak seperti di pantai.

Kekurangan Jalur Sepeda Downhill di Yogyakarta

Dari sekian banyak jalur sepeda downhill yang saya sebutkan di atas, ada kekurangan yang sebenarnya harus diperbaiki. Yaitu, untuk mencapai titik start, pesepeda harus menuntun sepedanya sejauh 1 km. 1 km di sini jika ditempuh akan menguras tenaga bersepeda karena berada di pegunungan yang tinggi.

Jika di luar negeri, jalur sepeda seperti ini dilengkapi dengan kereta gantung sehingga pesepeda hanya perlu menaiki kereta gantung tersebut dan sepedanya ditaruh di tempat sepeda. Jadi, pesepeda tidak capek ketika harus menuruni bukit.

Sebagai catatan, untuk menuruni bukit itu membutuhkan konsentrasi, tenaga, dan pikiran yang fokus. Jika tenaga sudah terkuras ketika menaiki bukit, dikhawatirkan pesepeda akan mengalami kecelakaan.

Semoga saja pemerintah bisa membuat solusi untuk menutupi kekurangan ini.

Sebenarnya masih banyak lagi track jalur downhill di sekitaran Yogyakarta, seperti Jurang jero (Magelang), Kaliadem, Kaliangkrik (Magelang), dan sebagainya.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

ugetuget- Armada The Heavy Metal Mengamuk di Kandang FK Maribor

Armada The Heavy Metal Mengamuk di Kandang FK Maribor

Polwan Cantik Nindy Ini Mengobati Sakit Hati Para Jomblo Dengan Suaranya

Polwan Cantik Nindy Ini Mengobati Sakit Hati Para Jomblo