Provinsi Shandong China Inisiasi Jalan Tol Berpanel Surya
Sumber gambar: www.transportinfo.fr
in

Provinsi Shandong China Inisiasi Jalan Tol Berpanel Surya

UGET UGET – Jalan tol selama ini digunakan untuk lalu lintas kendaraan. Namun di China, jalan tol berubah menjadi multifungsi dengan adanya lapisan panel surya. Panel surya ini membentang sepanjang dua kilometer di provinsi Shandong. Jalanan itu ditutupi lebih dari 10.000 panel surya.

Rupanya China menjadi negara pertama yang menjajal jalan tol berpanel surya. Panel surya itu nantinya bisa diubah menjadi energi guna mengaliri listrik ke lampu-lampu jalan, sistem pencairan salju, kamera pengintai (CC TV), papan reklame, fasilitas gerbang tol, hingga pengisi daya mobil listrik. Jadi negara tidak melulu bergantung pada pembangkit listrik lainnya. Ketersediaan listrik juga semakin memadai.

Panel surya ini dilansir detik.com, dapat menghasilkan satu juta kilowatt/jam listrik ramah lingkungan setiap tahunnya. Listrik tersebut dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari 800 rumah tangga. Tol berpanel yang sudah mulai beroperasi sejak peresmiannya tanggal 28 Desember 2017 ini, saya akui memang canggih.

Penataannya juga rapi. Dilansir detik.com, panel surya ini terjepit di antara isolasi dan beton transparan yang kuat. Tebal tiga lapisan ini bahkan kurang dari 3 centimeter. Panel surya yang dikembangkan oleh Qilu Transportation Development Group ini diklaim sang perancang proyek, Zhang Hongchao mampu menahan beban 10 kali lebih kuat daripada jalan aspal biasa.

Rupanya negara tirai bambu ini menghabiskan dana sekitar 3.000 yuan, atau US$ 458 per meter persegi untuk biaya pembangunannya. Sedangkan panel ini membentang sepanjang 5.875 meter persegi. Artinya, total lebih dari 36 Miliar dana digelontorkan untuk menyelesaikan proyek ini. Pemerintahnya tidak tanggung-tanggung ya dalam membangun infrastruktur.

Menurut saya, panel surya ini akan sangat membantu mengurangi berbagai masalah. Salah satunya masalah lain yang muncul akibat kemacetan. Apalagi China pernah menyabet rekor macet terlama selama 11 hari. Orang tidak perlu mampir pom bensin yang justru semakin menuai antrean yang panjang. Bahkan nantinya semua orang bisa mengkonversi mobil nonlistrik ke model listrik semua. Sebab mobil listrik akan jauh lebih irit bahan bakar.

Masyarakatnya tak perlu kebingungan mencari sumber energi listrik, sebab di jalan tol pun ada. Infrastruktur jalan juga bisa berjalan tanpa mengandalkan pembangkit listrik lainnya. Meskipun listrik sedang mati, infrastruktur tetap jalan dengan mengandalkan panel-panel itu.

Cuaca di China yang terkenal cukup ekstrem juga dapat teratasi dengan mesin pencair salju, yang kini jauh lebih hemat listrik dan juga ramah lingkungan. Inovasi ini sekiranya bisa menjadi gambaran jangka panjang pembangunan infrastruktur di Indonesia kelak.

Sumber gambar: www.transportinfo.fr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Coutinho Resmi Pindah Drama yang Usai Ketika Hati Sudah Memilih

Coutinho Resmi Pindah: Drama yang Usai Ketika Hati Sudah Memilih

Makanan Pencegah Kanker Ternyata Pisang Dengan Bintik Hitam Pada Kulitnya

Makanan Pencegah Kanker Ternyata Pisang Dengan Bintik Hitam Pada Kulitnya