Istimewanya Wonderkid Ajax, Frankie De Jong
Sumber gambar: espn.com
in

Istimewanya Wonderkid Ajax, Frankie De Jong

UGETUGET | Sudah menjadi rahasia umum bila akademi sepak bola kepunyaan Ajax Amsterdam, De Toekomst, adalah satu dari sekian akademi sepak bola nomor satu di dunia. Frankie De Jong, salah satu bintang Ajax yang bersinar musim ini.

Aksi-aksi pemain berusia 21 ini di atas lapangan kerap membuat geleng-gelang pecinta sepak bola. Bahkan ada yang berpendapat bahwa terdapat Pirlo dan Messi dalam gaya permainan Frankie De Jong.

Pemain ini bisa menempati beberapa posisi seperti gelandang tengah, bek tengah, dan gelandang bertahan. Meski De Jong posisi naturalnya sebagai gelandang.

Dalam usianya yang masih tergolong muda, De Jong seolah menjadi petarung veteran yang telah menghadapi berbagai peperangan. Hal ini terlihat dari sisi mentalnya, terutama dalam persoalan ketenangan.

Pemain ini juga tergolong cerdas dan berani. Kemudian didukung deng kemampuan dribel, akselerasi, akurasi umpan, eksplosivitas dan pengambilan keputusan. Hal ini yang kerap membuat penggemar sepak bola terkesima.

berlari mendribel bola
Sumber gambar: goal.ge

De Jong disebut sangat cermat mengamati bola dan ruang yang ada di sekitarnya. Ia sering melakukan shoulder check sehingga ia tahu apa yang harus dilakukan saat ia mendapatkan bola.

Pemain kelahiran Arkel ini juga kerap melakukan dribel dari garis pertahanan hingga pada akhirnya menciptakan ruang bagi pemain depan. Pressing resistance kuat yang dimilikinya membuat bola sangat sulit direbut, sehingga daya jelajah pemain ini juga sangat luas.

Saat De Jong melewati lawan, dia seolah menjelma Messi versi pemain bertahan. Dia mengubah kecepatan dribelnya, ia juga bisa berhenti, kemudian berbelok atau mengubah jalur dribelnya secara tiba tiba.

Sebab itu saat menggiring bola, langkahnya kecil-kecil dan cepat, tidak seperti Ronaldo atau Gareth Bale yang mengandalkan sprint.

Musim 2017/2018, WhoScored mencatat De Jong melakukan 58 kali dribel dari 22 laga yang dilakoni di Eredivise. Dari jumlah dribel tersebut, ia hanya 4 kali gagal melewati lawan. Sehingga kemungkinan keberhasilannya sebesar 93%.

wonderkid Ajax
Sumber gambar: allthescores.co.uk

Saat De Jong mengoper bola, sejenak kita melihat gaya Pirlo. Jangkauannya luas dan membuat Ajax mendominasi jalannya pertandingan.

Walaupun tidak mempunyai tubuh kekar, bola sangat sulit direbut dari kaki De Jong. Ia mengandalkan pembacaan bola ketimbang mengandalkan tekel-tekel keras.

Meski demikian ia memiliki kemampuan tekel yang bagus. Musim lalu ia melakukan 46 kali tekel dan hanya gagal 9 kali.

Tak heran jika klub-klub besar seperti Barcelona, Manchester City, Totenham, PSG dan yang terbaru, AS Roma, berambisi untuk medatangkan pemain ini. Ajax pun sampai saat ini tidak tertarik untuk menjual De Jong.

Written by Budi

Sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Perang Dengan Gigi, Yakin Lebih Baik Sakit Hati Daripada Sakit Gigi?

Perang Dengan Gigi, Yakin Lebih Baik Sakit Hati Daripada Sakit Gigi?

Sikap Kekanak-kanakan Saat Pacaran Bisa Jadi Bumerang Bagi Dirimu

Sikap Kekanak-kanakan Saat Pacaran Bisa Jadi Bumerang Bagi Dirimu