Insomnia? Ada Solusi Mudah Buatmu
Sumber gambar: whateverison
in

Insomnia? Ada Solusi Mudah Buatmu

UGETUGET – Insomnia atau kesulitan untuk tidur di malam hari banyak dikeluhkan oleh orang-orang saat ini. Seakan-akan tidak mengenal usia, penderita insomnia ada yang masih anak-anak, remaja, pelajar, hingga orang tua. Alasannya selalu sama, merasa gelisah teramat sangat saat hendak memulai tidur, merebahkan diri di kasur, untuk kemudian tanpa sadar waktu sudah menjelang pagi.

Menurut keterangan aladokter.com, Insomnia ialah kondisi ketika seseorang mengalami kendala tidur dalam waktu lama atau setidaknya dalam waktu yang diperlukan oleh tubuh untuk mengistirahatkan kerja. Hal ini mengakibatkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi kurang segar untuk melakukan kegiatan saat pagi hari.

Gangguan istirahat ini bisa menjadi serius, terlebih jika keesokan harinya Anda memiliki berbagai rencana dan jadwal kegiatan yang membutuhkan  tidak sedikit tenaga. Maka istirahat nyenyak di malam hari menjadi hal yang harus dilakukan. Namun, tahukah kamu jika para penderita insomnia tidak disarankan untuk langsung beristirahat di kasur saat kantuk belum terasa begitu berat?

Berdasarkan keterangan dari para ahli, berada di kamar saat rasa kantuk belum datang ternyata adalah tindakan keliru. Riset terakhir dari University of Pennsylvania School of Medicine menunjukkan, langkah itu malah dapat memunculkan insomnia kronis.

Kesimpulan ini didapat setelah mereka memantau prosesi tidur dari 416 partisipan dalam kurun waktu satu tahun. Tim periset menemukan, mereka yang mengistirahatkan badan saat rasa kantuk sangat menggantung di mata, akan menghasilkan tidur yang lebih berkualitas dibandingan mereka yang tidak.

Temuan Penelitian Insomnia

Insomnia? Ada Solusi Mudah Buatmu
Sumber gambar: whateverison

Temuan awal yang dipresentasikan pada konferensi SLEEP 2016 ini berkesimpulan bahwa menghindari kasur saat mata enggan terpejam, bisa menjadi solusi ampuh bagi para penderita susah tidur yang parah. Bahkan anganya menunjukkan hingga 80% partisipan.

Dilansir dari Kompas.com, Direktur Penn Beahvioral Sleep Medicine Programme, Michael Perlis, Ph.D, menyampaikan bahwa, “para penderita insomnia seringkali melakukan sesuatu yang pada akhirnya memperparah insomnianya. Mereka yang sulit tidur, biasanya memposisikan diri lebih awal, untuk kemudian bagun kesiangan.”

Menurutnya, jika kita masih mengantuk, sebaiknya bangkit dari tempat tidur dan coba lakukan berbagai macam aktifitas ringan, seperti menulis, membaca, atau sekedar menonton televisi.

“Cara ini tidak hanya membuat Anda tertidur dalam waktu satu jam. Tapi juga akan membuat Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak daripada hanya berdiam diri di tempat tidur.” ungkapnya.

Written by Agus A. Pribadi

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Penting Untuk Kalian Mama Muda. Ini Tanda-tanda Anak Depresi

Penting Untuk Kalian Mama Muda, Ini Tanda-tanda Anak Depresi

Lucu dan Menggelikan! Warganet Menuduh Traveloka Merusak Hubungan Percintaan dengan Pasangannya

Lucu dan Menggelikan! Warganet Menuduh Traveloka Merusak Hubungan Percintaan dengan Pasangannya