Inilah Dampak yang Akan Terjadi Ketika Kamu Masih Bertahan dengan Lembur Kerja
Sumber gambar: recovermywages.com
in

Inilah Dampak yang Akan Terjadi Ketika Kamu Masih Bertahan dengan Lembur Kerja

UGET-UGETSemakin dewasa seseorang, tentu pernah merasakan yang namanya lembur kerja. Lembur kerja tidak saja diartikan sebagai orang-orang karyawan yang bekerja hingga larut malam. Lembur kerja juga bisa diartikan sebagai akademisi, seperti contohnya mahasiswa yang diberi asupan tugas kuliah begitu banyaknya.

Saya yakin tentu kamu merasakan betul bagaimana perbedaan siklus tidurmu ketika waktu kecil dan dewasa sekarang. Siklus tidur ketika kita masih anak-anak amatlah sangat teratur. Tidur jam 8 atau 9 malam, esok hari bangun jam 5 atau 6 pagi.

Belum lagi di siang hari ibu selalu menyuruh kita untuk tidur siang. Meskipun terkadang kita tidak mau, tapi di usia dewasa ini kita malah dirindukan dengan nikmatnya tidur siang. Betul kan? Apa kamu juga merasakan seperti itu?

Memang sudah wajar apabila semakin dewasa kita, tentu semakin banyak juga urusan dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Keinginan agar pekerjaan bisa cepat selesai terkadang seseorang lebih memilih untuk lembur kerja.

Lembur kerja merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan seseorang pada jam-jam yang tidak wajar, yaitu pada jam-jam yang normalnya dipakai seseorang untuk tidur dan berisitirahat. Misalnya ketika kira-kira sudah pukul 9 malam pekerjaan juga masih belum selesai. Kemudian seseorang memaksakan untuk menyelesaikan hingga pukul 12 malam. Saya yakin tentu sangat ngantuk dan lelah sekali.

Apa kamu termasuk seseorang yang kini sering bekerja hingga larut malam? Saya sarankan agar perlahan-lahan untuk mengubah siklus tidurmu menjadi lebih baik. Karena jika bekerja hingga larut malam terus-terusan dilakukan tentu saja akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kamu. Apa saja?

TUBUH MERASA LELAH DAN RASA KANTUK BERLEBIHAN

Sebenarnya tubuh kita sudah diprogram untuk berisitirahat di jam tertentu, yaitu pada malam hari sekitar pukul 10 malam. Memang seharusnya mulai pukul 10 malam seseorang harus berisitirahat dan esoknya bangun pagi agar memperoleh kualitas tidur yang bagus.

Bagaimana jika tetap mempertahankan lembur? Tentu saja kamu akan merasa lelah. Meskipun setelah lembur kerja kamu sudah tidur dengan waktu yang cukup lama bahkan lebih dari 8 jam, kamu tetap akan merasa lemas, lelah, dan juga tetap mengantuk. Hal ini terjadi karena kamu tidur di jam tidak semestinya. Tidak ada pengaruhnya meskipun kamu mengganti jam tidur lebih lama. Karena yang dibutuhkan tubuh adalah jam tidur yang tepat, bukan lamanya tidur.

Inilah Dampak yang Akan Terjadi Ketika Kamu Masih Bertahan dengan Lembur Kerja
Sumber gambar: recovermywages.com

KULIT MENJADI TIDAK SEGAR DAN KUSAM

Karena seseorang tidur larut malam, tentu akan berdampak pada kondisi matanya. Ya, lingkar hitam perlahan akan muncul ketika kamu sering bekerja lembur. Selain itu, kulitmu pun menjadi tidak segar.

Ketika tidur dan istirahat di malam hari, kulit akan terus beregenerasi. Jika seseorang terus melakukan lembur, regenerasi kulit menjadi terhambat sehingga menyebabkan kulitmu tidak segar. Untuk itu jika sudah terlanjur seperti ini, kamu memang perlu melakukan perawatan untuk mengembalikan kulit cantikmu.

BERAT BADAN NAIK

Sudah menjadi hal wajar ketika mengerjakan suatu pekerjaan akan ditemani dengan cemilan atau makanan. Nah apabila kamu mengonsumsi makanan di waktu tengah malam, bisa dipastikan berat badanmu akan cepat naik.

Ditambah lagi setelah lembur kamu juga langsung tidur. Tentu saja tidak ada proses pembakaran makanan bukan? Itulah mengapa berat badanmu bisa menjadi naik.

Mungkin masih banyak dampak yang terjadi ketika kerja lembur. Namun ketiga poin di atas merupakan dampak yang bisa seseorang rasakan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk itu, yuk perlahan ubahlah pola siklus tidurmu agar lebih berkualitas lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengambil Keputusan Dalam Kondisi Penuh Tekanan? Begini Langkahnya

Mengambil Keputusan Dalam Kondisi Penuh Tekanan? Begini Langkahnya

Produk Bayi untuk Kecantikan Orang Dewasa, Salah Satunya Adalah Bedak Bayi

Produk Bayi untuk Kecantikan Orang Dewasa, Salah Satunya Adalah Bedak Bayi