Ini Fitur Baru Facebook yang Akan Mengontrol Waktu Online di Media Sosial
Sumber gambar: Newsroom FB
in

Ini Fitur Baru Facebook yang Akan Mengontrol Waktu Online di Media Sosial

UGET-UGET | Suka maen Facebook atau Instagram? Suka lupa waktu kalo sudah scrolling feeds di media sosial? Atau yang paling parah, suka lupa sama kegiatan jika sudah aktif banget di medsos? Itulah kelemahan manusia jika sedang asik dengan sesuatu. Tapi tenang, melihat gejala yang tidak sehat bagi tubuh dan pikiran ini, Facebook berencana mengeluarkan program yang nantinya akan membatasi waktumu di media sosial.

Direktur Riset Facebook David Ginsberg dan Direktur Manajemen Produk Instagram Ameet Ranadive menyampaikan dalam pernyataan di blog Resmi Facebook, bahwa pihaknya akan segera meluncurkan fitur baru. Fitur baru ini nantinya akan membantu pengguna untuk melihat waktu yang mereka habiskan di platform media sosial tersebut.

Selain itu, fitur bernama “activity dashboard” ini akan memungkinkan pengguna untuk mengatur batas waktu penggunaan media sosial yang diinginkan setiap harinya. Nantinya, jika pengguna sudah melampaui batas waktu penggunaan, fitur ini akan memberikan pemberitahuan pengingat kepada pengguna.

Ini Fitur Baru Facebook yang Akan Mengontrol Waktu Online di Media Sosial
Sumber gambar: Newsroom FB

Fitur ini juga akan diisi dengan opsi untuk memodifikasi pengaturan di pemberitahuanmu. Jadi, saat fitur ini sudah resmi diluncurkan, kamu bisa memilih untuk menonaktifkan pemberitahuan dari kedua platform dalam waktu yang ditentukan.

Tujuan Fitur Baru

“Hari ini (1/8) kami mengumumkan fitur baru untuk mengatur waktu pengguna di Facebook maupun Instagram,” tulis David Ginsberg seperti dikutip dari Newsroom FB, Selasa (1/8).

Fitur baru ini dikembangkan dari kajian ahli kesehatan mental, peneliti masyarakat,  akademisi dan penelitian yang dilakukan oleh tim bentukan Facebook sendiri terkait pola komunikasi masyarakat di media sosial. David menyebutkan bahwa pihaknya ingin agar masyarakat pengguna bisa memanfaatkan waktu di media sosial secara positif.

“Harapan kami, kemunculan fitur baru ini nantinya akan memberikan orang-orang kontrol terhadap waktu penggunaan mereka di media sosial. Selain itu, kami juga ingin agar orang tua bisa membantu mengembangkan kebiasaan online yang tepat untuk remaja dan anak-anak,” jelasnya.

Nah, sudah jelas kan semuanya. Tidak perlu saya menyebutkan hasil penelitian dari ahli kesehatan jiwa atau peneliti masyarakat tentang dampak buruk masyarakat. Anda sebagai pengguna bisa merasakan sendiri, bagaimana dampak buruk dari penggunaan media sosial secara berlebih.

Dan sebenarnya, tanpa alat ini pun Anda bisa mengontrol waktu penggunaan. Cukup dengan kesadaran bahwa media sosial itu tak lebih daripada media, karena hidup itu berlangsung di depan Anda bukan di dunia maya.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Bingung Cari Kado untuk Pacar Seni Rajut Amigurumi Bisa Menjadi Solusimu

Bingung Cari Kado untuk Pacar? Seni Rajut Amigurumi Bisa Menjadi Solusimu

Hana Kimura, Pegulat Cantik Jepang Keturunan Indonesia

Hana Kimura, Pegulat Cantik Jepang Keturunan Indonesia