uget uget - Iklan kreatif YouTube Kitkat Bikin Ngakak

Iklan kreatif YouTube Kitkat Bikin Ngakak

UGETUGET — Kini semakin banyak produsen yang beralih ke iklan kreatif YouTube sebagai sarana promosi, tidak lagi bergantung pada iklan di televisi.

Alasannya ada banyak. Salah satunya adalah biaya iklan yang jauh lebih murah dengan durasi yang lebih panjang. Lagi pula, sekarang YouTube lebih disukai daripada televisi.

Lihat saja iklan Indoeskrim yang memilih YouTube sebagai media partner iklannya. Ciri utama iklan kreatif YouTube sepertinya memang seperti itu: ada ceritanya dan wajib lucu.

Selain itu, iklan kreatif YouTube juga tidak menonjolkan produk itu sendiri dan seolah-olah berteriak:”Belilah aku, belilah aku!”

Ciri-ciri itu juga yang tampak dalam iklan kreatif YouTube terbaru oleh merek produk yang banyak digemari anak muda: KitKat. Ada cerita dengan suspense dan akting yang memancing tawa.

Mengambil latar belakang kehidupan koboi di Amerika Serikat, iklan kreatif YouTube dari KitKat ini menceritakan tentang seorang penjahat yang dicari untuk dibunuh.

Si penjahat datang ke sebuah bar. Di situ sudah ada seorang sheriff  Saking kejamnya penjahat ini, sang sheriff pun takut untuk menghadapinya. Sampai-sampai, semua atribut kepolisiannya dilepas seperti senjata, lencana sheriff, topi, dan lain-lain.

Lucunya, si sheriff kemudian malah mengganti topinya dengan topi pramuka. Indonesia banget, padahal itu di Amerika!

Lucunya lagi, si penjahat ternyata latah. Ketika seorang wanita pelayan datang membawakan minuman, karena saking takutnya dengan penjahat ini, botol minuman jatuh.

Eh si penjahat latah dan mencengkeram tangan si wanita pelayan. Pada saat yang bersamaan, ada seorang pemain piano yang berteriak “Jangan!”

Teriakan itu seolah ingin mencegah si penjahat agar tidak melukai si pelayan. Secara otomatis, penjahat merasa ditantang dan ingin membunuh pemain piano tadi.

Sontak saja, si pianis ketakutan. Tapi, teman-temannya malah memberinya atribut sheriff, lengkap dengan senjata dan lencananya. Tidak lupa topi sheriff juga.

Si pianis dipaksa untuk berhadapan dengan penjahat yang kejam. Di sinilah puncak gokil-nya cerita iklan ini: si pianis membayangkan dua kemungkinan yang akan terjadi ketika dia menembak si penjahat.

Imajinasi yang pertama adalah dia menembak tapi pelurunya memgenai gigi seseorang yang tonggos, lalu peluru itu mental kemudian mengenai tower air.

Walaupun cuma dengan sebutir peluru, tower air yang sebesar itu roboh dan menenggelamkan seluruh penghuni bar tersebut. Buktinya, ada adegan orang berenang seperti katak.

Tentu saja ini tidak mungkin, ini hanya bayangan lebay saja. Anjay.

Imajinasi yang kedua adalah si pianis mampu menembakkan peluru tepat kepada si penjahat. Si penjahat tewas, tapi si pianis justru dibebani tanggung jawab penuh dari keluarga sang penjahat.

Tanggung jawabnya adalah harus menafkahi keluarga penjahat, mengantar anak sekolah, dan mentraktir semua jajanan anak itu.

Akhirnya si pianis tidak memilih dua-duanya. Dia tidak menembak tetapi justru hanya memainkan sebuah musik yang membuat suasana menjadi cair.

Si penjahat tidak menyangka hasilnya menjadi seperti ini, padahal dia sudah siap-siap menembak. Tapi, karena mendengar musik yang cukup asyik, akhirnya dia justru ikut bergoyang.

Dan peristiwa saling bunuh tidak terjadi.

Dalam iklan ini, sama sekali tidak ada penjelasan kelebihan dari KitKat. Misalnya “Cokelat KitKat enak lho” atau semacamnya.

Yang ditonjolkan adalah efek yang ditimbulkan ketika memakan KitKat. Ketika suasana sedang kencang dan menegangkan, lebih baik ambil KitKat untuk mencairkan suasana.

Iklan yang kreatif dan lucu. Sejauh ini saya belum pernah melihat iklan ini di televisi, artinya pihak Nestle memang meluncurkan iklan ini pertama-tama di YouTube. Entah nanti apakah tayang di televisi atau tidak.

 

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu