uget uget - Iklan Jadul Gudang Garam Surya Ada Adegan Ngrokoknya

Iklan Jadul Gudang Garam Surya: Ada Adegan Ngrokoknya

UGETUGET – Dari iklan jadul Gudang Garam Surya, saya bisa belajar banyak tentang sejarah dan kehidupan di masa lampau, khususnya di Indonesia. Di bawah ini terdapat sebuah video yang menampilkan iklan rokok tersebut pada tahun 1980-an.

Tentunya iklan tersebut ditayangkan di satu-satunya stasiun televisi nasional, yaitu TVRI.

Tahun ’80-an tentunya masih membawa semangat zaman dari Flower Generation atau Generasi Bunga yang sangat menyukai perdamaian dan kebebasan. Dalam iklan tersebut digambarkan bahwa kehidupan para remaja dan pemudanya sangat bahagia.

Nuansa dari adegan pertama di iklan tersebut terasa seperti berada di lingkungan mahasiswa. Saat melihat adegan pertama ini saya sangat kaget karena ada adegan merokoknya, bahkan yang merokok adalah seorang wanita.

Bukan saya membeda-bedakan gender, hanya saja selama ini imaji rokok yang saya tahu selalu identik dengan laki-laki. Mungkin karena iklan-iklan rokok zaman sekarang lebih banyak menggunakan model lelaki dan mencitrakan kesan maskulin.

Di adegan kedua terlihat sekali bahwa rokok dijadikan sebagai alat untuk memuluskan bisnis. Untuk melancarkan lobi, selain politik meja makan, rokok bisa dijadikan pilihan yang cukup menarik.

Mungkin saja, di tahun ’80-an, rokok harganya mahal. Sebab dari adegan kedua saya menangkap kesan mewah dan elit.

Tetapi dugaan saya ini tidak sepenuhnya tepat, karena di adegan ketiga terlihat jelas bahwa rokok ini juga dinikmati oleh para pekerja yang sedang beristirahat. Ini membuktikan bahwa rokok merek ini memang dinikmati seluruh kalangan.

Di iklan jadul Gudang Garam Surya, yang paling bikin kaget adalah adegan terakhir. Bukan adegan muda-mudi yang sedang bertamasya, tapi adegan sepak bola. Di bagian terakhir terlihat jelas bahwa ada sepasang orang tua di antara anak-anak muda. Anak muda ini terlihat sedang menawarkan rokok kepada orang tua tersebut.

Ini artinya, pada masa itu rokok memang menyentuh seluruh kalangan dan ditampilkan apa adanya. Berbeda di zaman sekarang, di mana iklan rokok justru tidak boleh menampilkan rokok. Bahkan ada iklan rokok yang dibakar justru bukan rokok, melainkan ikan.

Sumber gambar: Akarasa.com

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu